SMAN 1 Lepong Luncurkan Logo Perpustakaan RA Kartini

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020, SMAN 1 Lepar Pongok melakukan peluncuran logo Perpustakaan SMAN 1 Lepar Pongok, Rabu (25/11/2020).

Read More

Logo Perpustakaan R.A. Kartini merupakan hasil desain dari Ibu Dwi Meyqasari, S.Pd. B
Dia adalah guru mata pelajaran Sosiologi yang diberikan tugas sebagai Kepala Perpustakaan di SMAN 1 Lepar Pongok.

Demikian dijelaskan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Lepong Jasman dalam rilisnya kemarin. Menurutnya, perpustakaan Lepar Pongok diberi nama Perpustakaan R.A. Kartini. Nama ini diambil karena jasanya dalam kegiatan literasi. Selain dikenal sebagai pencetus emansipasi wanita, R.A. Kartini juga dinobatkan sebagai Tokoh Literasi Nasional. R.A. Kartini semasa hidupnya giat melaksanakan kegiatan literasi, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, anak-anak, maupun kalangan perempuan di sekitarnya.

Nama R.A. Kartini sebagai nama perpustakaan diharapkan mampu memberi semangat kepada seluruh warga sekolah, khususnya guru dan peserta didik, agar aktif menggiatkan literasi di sekolah. Literasi merupakan salah satu media pencerdasan manusia.

“Foto anak sedang membaca memaknai bahwa SMAN 1 Lepar Pongok mengajak semua orang rajin membaca sejak dini. Membaca adalah jendela ilmu. Kita bisa menguasai dunia dengan membaca,” jelasnya.

Sementara itu, gambar matahari bermakna bahwa ada kecerahan di depan jika kita rajin membaca. Islam sudah mengajarkan kita untuk membaca. Membaca mampu memberikan makna kepada pelaku.

Sedangkan gambar Buku Terbuka menggambarkan betapa banyaknya ilmu yang tersedia dalam setiap buku. Buku tidak pernah memilih siapa yang akan membacanya. Ia selalu menerima setiap orang untuk membaca dan memperoleh ilmu darinya.

“Gambar Gelombang Laut adalah gambar yang menjelaskan tentang ilmu yang disediakan oleh buku itu seluas lautan. Tidak ada batasan waktu dan tempat untuk membaca. Dan rulisan SMA Negeri 1 Lepar Pongok menandakan bahwa perpustakaan R.A. KArtini ini adalah perpustakaan yang berbasis di SMAN 1 Lepar Pongok. (rls/raw)

Related posts