SMA Muhammadiyah Dorong Siswa Cerdas Berliterasi

  • Whatsapp
Lokakarya Kepenulisan di SMA Muhammadiyah Plus Toboali, Jumat (8/11/2019). (foto:Dedy Irawan) 

TOBOALI – Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Plus Toboali kembali menggelar Lokakarya Kepenulisan, Jumat (8/11/2019). Kegiatan yang digelar di Aula SMA tersebut mengangkat tema “Pentingnya Generasi Millenial untuk Cerdas Berliterasi, Nyalakan Semangat Masa Depanmu”.

Lokakarya yang dibuka oleh guru Muhammadiyah, Sadikin ini menghadirkan narasumber anggota Pokja Jurnalis Basel, Devi Dwi Putra (Wartawan Klik Babel), Ade Imanda (Wartawan Kumparan Babel), Raziwar Erer (Wartawan Babel Pos), Sabpri Aryanto, Agustian Deny Ardiansyah, dan Supratman.

Dalam sambutannya, Sadikin berharap para peserta lokakarya dapat memanfaatkan seluas luasnya kegiatan ini untuk memahami dunia jurnalistik serta tata cara kepenulisan lainnya.

Menurutnya, para peserta bukan hanya sekadar memahami secara teori tetapi langsung melakukan praktik dengan menuliskan rilis berita serta tulisan lainnya seperti cerpen dan opini.

Sementara itu, anggota Pokja Jurnalis Basel Devi Dwi Putra dan Ade Imanda memaparkan kepada para siswa cara membuat rilis berita dan mudah untuk dipublikasi ke media.

“Para peserta harus memahami kata kunci 5 W dan 1 H, ditambah dengan foto, banyak tema rilis yang bisa diambil di sekolah seperti kegiatan sekolah, PMI, PMR, Pramuka, kegiatan ekstrakurikuler sekolah, guru atau murid yang berprestasi bisa dibuat menjadi rilis berita, 5 W 1 H ditambah foto, rilis berita akan menjadi menarik,” ungkap Devi dan Manda. (raw)

Related posts