Situasi Kamtibmas Pilkada Babel Kondusif

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) ketika pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel) pada Rabu (15/2/2017) berlangsung kondusif.
Hal ini diungkapkan oleh Kapolda Babel, Brigjen Pol Anton Wahono Sudarminto ketika meninjau Posko Pengamanan Operasi Mantap Praja Menumbing 2016 di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang.
“Syukur alhamdulillah, situasi Pilkada aman dan terkendali. Hanya yang disayangkan masalah cuaca karena mulai dari tadi malam hingga menjelang sore masih hujan, sehingga partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS itu yang masih kurang,” kata Kapolda didampingi Ketua Tim Supervisi Operasi Mantap Praja, Brigjen Pol Daniel Pasaribu yang juga menjabat sebagai Karo PID Div Humas Mabes Polri. .
Namun secara umum, lanjutnya, setelah dirinya melakukan pemantauan di sejumlah TPS di Pulau Bangka sangat kondusif. Hal-hal yang sifatnya kecurangan dan lain-lain juga tidak ada.
“Gangguan kamtibmas juga tidak ada dan sangat-sangat kondusif dan mantap. Setelah ini kita masih mengawal kotak-kotak suara ke tempat-tempat KPPS, masih menghimpun,” ungkapnya.
Brigjen Pol Anton Wahono menegaskan, pihaknya akan terus mengawal dan melakukan pengamanan hingga selesainya penghitungan suara.
“Sampai selesai penghitungan suara, bukan penetapan calon. Kalau penetapan calon masih lama. Sampai penghitungan selesai dan tuntas, baru nanti kita nyatakan selesai,” tegasnya.
Sedangkan untuk pengamanan di Poskotis di ATM Pangkalpinang, dikatakannya, besok sudah ditutup dan dinyatakan selesai.
“Kita masih tetap melakukan pengamanan hingga pelantikan nanti. Tetapi untuk Poskotis yang ada di sini sampai besok kita tutup,” sambungnya.
Lebih lanjut dia mengharapkan agar seluruh masyarakat untuk tetap menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif meskipun tahapan pemungutan suara sudah selesai.
“Saya menghimbau kepada para pemenang, untuk tidak euphoria dan yang kalah harus menerima dengan besar hati,” pungkasnya.

Sudahi Perselisihan
Pilkada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar serentak, Rabu (15/2/2017) telah usai. Oleh karenanya, perbedaan pendapat maupun adanya perselisihan cukup disudahi guna menjaga keamanan daerah. Hal itu seperti disampaikan wakil bupati Belitung Timur Burhanuddin kepada wartawan, usai memantau sejumlah TPS di kabupaten Belitung Timur, kemarin.
Pria yang kerab disapa Aan itu juga optimis, partisipasi pemilih di kabupaten Beltim cukup tinggi. Hal tersebut berkaca dari digelarnya pemilihan bupati dan wakil bupati 2015 lalu.
“Kalau melihat dari pelaksanaan Pilbup 2015 saja sekitar 76 persen. Dan target kita di Belitung Timur, partisipasi pemilih kita harap 80 persen. Ini merupakan kesadaran politik dan partisipasi masyarakat Belitung Timur cukup tinggi. Dari sejumlah TPS yang kita datangi, hampir setengah sudah datang. Dan sampai jam 1 (siang-red), kita harap banyak lagi yang akan memilih,” katanya.
Optimisme tingginya partisipasi pemilih lanjutnya, diiringi dengan imbauan yang dilakukan aparat desa agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. “Kita optimis diatas 76 persen. Karena H-1 aparat desa sudah mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya,” imbuhnya.
Sedangkan adanya hasil proses Pilkada Babel 2017, masyarakat Beltim diharapkan menghilangkan perbedaan yang mungkin sebelumnya terjadi sebelum digelarnya Pilkada. “Hasil sementara Pilkada, dari dialog di warung kopi dengan KPU, Panwas dan juga Stakeholder pra dan pasca Pilkada, mari kita jaga keamanan daerah.
“Perbedaan pendapat, pandangan, tidak menjadikan kita bercerai-berai, berselisih, yang penting tetap menjaga situasi daerah kita. Alhamdulillah, masing-masing Paslon maupun pendukung menyetujui komitmen itu,” tukasnya. (ron/6)
(bis/)

Related posts