Siswa SMAN 1 Toboali Dikenalkan Kesadaran Pajak

TOBOALI – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wilayah Bangka melakukan kegiatan Pajak Bertutur di SMAN 1 Toboali. Kegiatan ini, merupakan tindaklanjuti dari MoU Pajak Pratama dengan Kementrian Pendidikan yang didalamnya tentang pengenalan pajak dan kesadarannya bagi siswa SMA. 
Demikian dikatakan Ketua Tim KPP Pratama Petrus Harjono bersama Bernard Sirait dan Silvia Jumat (11/8/2017) pagi. 
Menurut Petrus, kegiatan Pajak Bertutur ini bertujuan untuk menggugah kesadaran siswa-siswa tentang perpajakan.   Pajak yang dibayarkan masyarakat digunakan kembali untuk pembangunan bangsa, salah satunya sektor pendidikan yang nilainya mencapai 20% serta infrastruktur. 
“Para siswa ini nantinya akan menjadi pembayar pajak, sehingga kita kenalkan dan berikan pemahaman pajak seperti apa, kegunaan pajak serta tujuan pajak itu, salah satunya untuk anggaran pendidikan, harapannya setelah merekan menjadi pembayar pajak, tentu akan patuh dan menjadi pembayar pajak yang baik,” kata Petrus. Pada kesempatan sama, Kepala Sekolah SMAN 1 Toboali, Aspandi beterima kasih kepada Tim KPP Pratama Bangka yang telah mengenalkan perpajakan kepada siswa SMAN 1 Toboali. 
Ia berharap dengan bekal awal ini, para siswa akan mengerti apa maksud dan tujuannya pajak dengan harapan akan menjadi wajib pajak yang baik nantinya. “Para siswa akan mendapatkan pengetahuan baru tentang pajak, kegunaan pajak untuk apa, pentingnya membayar pajak, sehingga harapan kita para siswa SMAN yang nantinya akan menjadi wajib pajak, patuh dan membayar pajak sesuai aturan,” pungkas Aspandi. 
Pantauan harian ini, para siswa dan siswi SMAN 1 Toboali tampak antusias mendengar paparan perpajakan dari Bernad Sirait. Para pelajar itupun silih berganti mengajukan pertanyaan kepada Tim KPP Pratama. 

 

Kepsek SMAN 1 Mentok Apresiasi KPP

Sementara itu, di hari yang sama, KPP juga mengadakan kegiatan pajak bertutur di tiga sekolah di Kabupaten Bangka Barat. Tiga sekolah tersebut yakni SMAN 1 Mentok, SMPN 2 Mentok dan SD Santa Maria.
Kegiatan ini, bertujuan untuk mengenalkan pajak sedini mungkin kepada anak-anak agar nantinya mereka paham dan mengerti soal pajak.
“Kegiatan ini, serentak kita lakukan hari ini (kemarin-red), di seluruh Indonesia,” ungkap Frince Isnawati, Kasi Pengawasan dan konsultasi KPP Pratama Bangka kepada harian ini disela-sela kegiatan Pajak Bertutur di SMAN 1 Mentok, kemarin.
Menurutnya, pemahaman secara dini mengenai pajak bagi anak-anak sangat penting diberikan agar kedepannya mereka bisa paham bahwa begitu pentingnya pajak bagi kelangsungan pembangunan.
“Dengan diberikan pemahaman seperti ini sejak dini kita harapkan nantinya anak-anak ini mengerti bahwa pajak memberikan peranan yang sangat penting bagi pembangunan di negara ini,” jelas Frince.
Terpisah, Kepala SMAN 1 Mentok Sudarni mengapresiasi langkah KPP Pratama Bangka dalam mengenalkan dan memberikan pemahaman mengenai pajak melalui pajak bertutur. “Kita harapkan nantinya anak-anak ini memahami arti penting pajak bagi pembangunan,” imbuh Sudarni.(raw/wan/3)

No Response

Leave a reply "Siswa SMAN 1 Toboali Dikenalkan Kesadaran Pajak"