by

Siswa SMAN 1 Mendobarat Diajak Sukseskan Pemilu 2019

-Bangka-105 views
Komisioner KPU Bangka, Hartati menyerahkan buku tentang Pemilu 2019 kepada salah seorang siswa saat sosialisasi di SMAN 1 Mendobarat, Rabu (20/2/2019). (foto: istimewa)

MENDOBARAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka mendatangi SMAN 1 Mendobarat untuk mensosialisasikan Pemilu 2019, Rabu (20/2/2019). Program KPU Bangka Goes To School ini diikuti sekitar 100 orang siswa yang telah memiliki hak pilih.

Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Hartati mengajak para siswa yang sebagian besar pemilih pemula untuk turut menyukseskan Pemilu 2019.

“Suara adik-adik akan menentukan masa depan bangsa. Wakil- wakil rakyat yang terpilih akan menentukan kebijakan pembangunan di daerah adik-adik sampai lima tahun mendatang,” jelas Hartati.

Para peserta juga dibekali materi kepemiluan tentang pentingnya arti pemilu, jenis dan warna surat suara, para peserta pemilu serta kategori surat suara sah dan tidak sah. Disela-sela penyampaian materi juga dilakukan sesi tanya jawab dan pembagian doorprize.

Sementara itu, Ketua PPK Eddy Sugara menyampaikan ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemuda dalam menyukseskan pemilu 2019, diantaranya hadir menggunakan hak pilih pada tanggal 17 April 2019, turut mengajak teman dan keluarga serta tidak menyebarkan informasi atau berita yang belum dipastikan kebenarannya.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan simulasi pemungutan suara yang melibatkan pelajar sebagai petugas KPPS, pemilih, saksi dan pengawas TPS yang dipandu oleh Kasubag Teknis Bisma Hidayat.

“Para pelajar ini dibekali dengan simulasi agar mereka memiliki gambaran awal tentang proses pemilihan suara di TPS seperti pada hari H. Selain itu juga kami memberikan pengetahuan tentang tugas-tugas KPPS karena secara aturan mereka telah memenuhi salah satu syarat KPPS yakni telah berusia di atas 17 tahun,” jelas Bisma.

Mahyudi Darusman, salah seorang peserta menyampaikan terima kasih kepada KPU Bangka dan PPK Mendo Barat yang telah memberikan materi kepemiluan. Pelajar yang didaulat menjadi Ketua KPPS saat simulasi juga mengajak generasi muda untuk aktif menyukseskan Pemilu 2019.

“Kawan-kawan jangan lupa, 17 April mendatang kita pilih pemimpin negara dan wakil-wakil kita dengan datang ke TPS terdekat,” harap Mahyudi didampingi rekannya Shinta Amanda dan Raihan.(2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU