Shaun Simpson Juarai Race 1 MXGP 2017

  • Whatsapp

Courtney Duncan Terdepan di MXW

Untuk hasil balapan, pembalap motor (crosser) asal Britania Raya, Shaun Simpson berhasil menjuarai race ke-1 Motocross Grand Prix Championship (MXGP) Indonesia 2017 di GOR Sahabudin Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu siang.
Crosser dengan nomor punggung 24 itu berhasil memimpin balapan pada lap ke-6 hingga lap ke-15. Pada saat start, Shaun Simpson berada pada urutan ke-5 dan selanjutnya menjadi urutan ke-4 pada lap ke-2 dan ke-3.
Pada lap-4 dia berhasil masuk urutan ke-3, selanjutnya pada lap ke-5 menjadi urutan ke-2 dan pada lap ke-6 menjadi urutan pertama hingga balapan berakhir.
Untuk peraih finis kedua diraih crosser asal Belanda dengan nomor punggung 259 atas nama Glenn Coldenhoff. Sebelumnya, dia berhasil memimpin balapan sejak start hingga lap ke-5. Namun pada lap ke-6 disusul oleh pembalap asal Britania Raya, Shaun Simpson dan harus berada pada urutan ke-2 hingga finis.
Sementara untuk finis ke-3 diraih oleh crosser asal Belgia dengan nomor punggung 25, Clement Desalle dan posisi ke-4 diraih crosser Italia nomor punggung 222, Antonio Cairoli.
Sedangkan untuk urutan ke-5 diraih crosser asal Portugal dengan nomor punggung 999, Rui Goncalves, disusul Kevin Strijbos asal Belgia, Tim Gajser asal Slovenia, 8 Tanel Leok asal Estonia, Evgeny Bobryshev asal Rusia dan ke-10 Jeremy Van Horebeek asal Belgia.
Pembalap asal Indonesia, hanya mampu berada pada urutan ke-20, 21, 22, 23 dan 25 dari total 27 peserta. Untuk urutan ke-20 diraih Fari Hendro Fahrodjie, ke-21 Asep Lukman, ke-22 Aldi Lazaroni, ke-23 Ivan Harry dan ke-25 Hilman Maksum. Dan untuk urutan dua terakhir yakni ke-26 dan 27 masing-masing ditempati Maximilian Nagl asal Jerman dan Jose Butron dari Sepanyol.
MXGP Class kemarin, Minggu (5/3/2017) hanya tampil satu kali putaran yakni race 1 dengan waktu selama 30 menit, ditambah 3 lap. Sedangkan race ke-2 tidak bisa dilaksanakan oleh Race Director dikarenakan lintasan yang berlumpur sudah tidak bisa digunakan lagi untuk pertandingan selanjutnya.

Crosser Cewek Selandia Baru
Sementara itu, dalam Motocross Women Championship (MXW) Indonesia 2017 pada ajang MXGP ini, crosser asal Selandia Baru, Courtney Duncan berhasil menjuarai race ke-2 yang digelar di GOR Sahabudin, kemarin sore.
Dengan kemenangan itu crosser wanita bernomor punggung 151 tersebut, meraih 25 angka pada race ke-2. Pada race sebelumnya dia berada di posisi ke-5 dengan 16 angka sehingga kini ia total mengumpulkan 41 angka.
Posisi kedua ditempati pebalap asal Italia dengan nomor punggung 8, Kiara Fontanesi. Pada race sebelumnya, Kiara berada di posisi ke-13 dan secera keseluruhan berhasil mengumpulkan 30 angka.
Untuk posisi ketiga diraih pebalap asal Prancis dengan nomor punggung 114, Livia Lancelot. Pada race sebelumnya dia berada di posisi ke-15 dan sejauh ini total mengumpulkan 26 angka.
Pemuncak klasemen sementara setelah race 2, posisi pertama ditempati Courtney Duncan (41), diikuti pebalap asal Belanda Nicky Van Wordragen (40), Shana Van Der Vlist (Belanda, 31), Anne Borchers (Jerman, 31) dan posisi kelima Kiara Fontanesi (30).
Selanjutnya Larist Papenmeier asal Jerman juga dengan 30 angka, kemudian Gennete Vaage (Norwegia, 28), Amar Verstappen (Belgia, 27), Livia Lancelot (Italia, 26 poin) dan posisi ke-10 ditempati Nancy Van De Ven (Belanda, 25 poin).
Crosser asal Indonesia masing-masing menempati posisi ke-18, 19 dan 20, yakni Suci Mulyani dengan 9 angka, Monica (2) dan Novita Anjani (1).
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa mengatakan pelaksanaan MXGP 2017 di Pangkalpinang, sudah berjalan dengan baik.
“Sejak persiapan MXGP di Pangkalpinang ini sudah berjalan dengan baik dan ini merupakan pertama kali sejak 20 tahun yang lalu,” katanya.
Menurut dia, terlaksananya kegiatan MXGP Indonesia tidak terlepas dari dukungan President Director Sriwijaya Air, Chandra Lie sebagai sponsor utama. Selain itu, peran Walikota Pangkalpinang, Irwansyah juga cukup penting karena telah berhasil membawa MXGP kembali ke Indonesia.
“Terimakasih kepada maskapai Sriwijaya Air dan Walikota Pangkalpinang yang telah berhasil menyelengarakan even internasional MXGP Indonesia,” tuturnya.
Sedangkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengatakan terselenggaranya kegiatan MXGP di Pangkalpinang diharapkan bisa mengangkat nama Bangka Belitung ke level internasional.
“Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mempromosikan pariwisata di Bangka Belitung. Even ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.
Ia berharap para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, termasuk para pebalap peserta MXGP bersama tim bisa menikmati keindahan alam Bangka Belitung.
“Keindahan alam Bangka Belitung bisa menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang datang untuk menyaksikan even internasional MXGP,” tandasnya. (ant/1)

Related posts