Shabara Siapkan 2 Ranmor Reaksi Cepat

No comment 108 views


Dua unit sepeda motor reaksi cepat beserta anggota kepolisian dipersiapkan Shabara Polres Basel.(foto: raw).

Cegah Gangguan Kamtibmas

TOBOALI – Guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) berupa tindak pidana, khususnya Pencurian dengan kekerasan (curas), Satuan Sabhara Polres Bangka Selatan membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) yang terdiri dari 1 regu patroli beserta kendaraan Sabhara.

Satu regu ini, juga dilengkapi dengan peralatan dan persenjataan lengkap. Unit ini diharapkan nantinya akan mampu meningkatkan keamanan di wilayah hukum Polres Bangka Selatan.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Bambang Kusnarianto, SIK melalui Kasat Sabhara, AKP Junaedi, SH mengatakan, tujuan dibentuknya unit reaksi cepat guna mengantisipasi bila terjadi situasi yang berpotensi menimbulkan kerawanan gangguan keamanan secara cepat.
“Selain melaksanakan patroli rutin kepolisian, Unit ini dipersiapkan untuk membantu bila ada situasi yang urgent yang memerlukan keberadaan polisi dan dengan cepat melakukan tindakan kepolisian dilapangan,” jelas Kasat.

Satuan Sabhara merupakan salah satu satuan kerja yang ada di dalam tubuh kepolisian yang memiliki peran penting dalam menjaga dan mengamankan wilayah hukumnya apabila terjadi ancaman keamanan. Personil ini telah dilengkapi dengan perlengkapan lapangan dan memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melakukan tindakan Kepolisian di lapangan.

“Sat Sabhara Polres Basel harus senantiasa siap melaksanakan pengamanan disaat terjadi situasi kontijensi. Saat ini, kita terus melakukan peningkatan kewaspadaan dan kepekaan terhadap,” tutup Kasat.

Terpisah, Guna memupuk rasa toleransi sesama sejak di bangku sekolah dan dalam rangka mencegah masuknya faham radikal serta gerakan yang menjurus pada anti Pancasila di dunia pendidikan, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Bangka Selatan melakukan sosialisasi ke SMAN 2 Toboali kemarin.

Kasat Binmas, mengatakan dengan kegiatan ini para pelajar di Kabupaten Bangka Selatan dapat mengimplementasikan saat berada di sekolah maupun di luar sekolah sehingga tercipta kerukunan antar lapisan masyarakat dan tentunya antar umat beragama.

“Mari kita bersama menangkal pengaruh paham radikal yang dapat menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mari kita hidup berdampingan dan saling bahu membahu,” ajak Kasat. (raw/3)

 

Print Friendly
No Response

Leave a reply "Shabara Siapkan 2 Ranmor Reaksi Cepat"