Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Setelah Dapat Pembinaan DKPUS Babel, SMAN 1 Belinyu Optimis Raih Akreditasi

Pustakawan DKPUS Babel saat memberikan pembinaan akreditasi perpustakaan SMAN 1 Belinyu, Kamis (4/3/2021).(foto: ist).
Pustakawan DKPUS Babel saat memberikan pembinaan akreditasi perpustakaan SMAN 1 Belinyu, Kamis (4/3/2021).(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, BELINYU – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selain memberikan pembinaan akreditasi ke Perpustakaan SMAN 4 Pangkalpinang, di hari yang sama Kamis (4/3/2021) juga memberikan pembinaan akreditasi ke Perpustakan SMAN 1 Belinyu, Kabupaten Bangka, Babel.

Ke Perpustakaan SMAN 1 daerah paling utara Pulau Bangka tersebut, DKPUS Babel mengutus dua pustakawannya.

Runi Alcitra Amalia Pustakawan Madya DKPUS Babel yang memimpin pembinaan ke SMAN 1 Belinyu mengatakan, kegiatan pembinaan yang dilakukan pihaknya ini, berkenaan persiapan SMAN 1 Belinyu yang ingin perpustakaannya terkareditasi.

“Kami memberikan masukan-masukan berkenaan dengan instrumen yang dinilai dalam akreditasi perpustakaan sekolah. Kami bersyukur baik Kepala Sekolah maupun Pengelola Perpustakaan SMAN 1 belinyu antusias menyimak dan mengikuti apa yang kami sarankan,” ujar Runi.

Selain pembinaan akreditasi perpustakaan, di SMAN 1 Belinyu, pihaknya juga, membuka pelayanan perpustakaan keliling (Pusling) melalui Mobil Pusling.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Belinyu, Dessy mengucapkan terima kasih kepada DKPUS Babel melalui pustakawannya telah memberikan pendampingan dan pembinaan terhadap Perpustakaan SMAN 1 Belinyu. 

“Setelah mendapatkan pembinaan ini, kami optimis perpustakaan SMAN 1 Belinyu akan mampu meraih akreditasi. Kami ingin tahun ini, perpustakaan sekolah kami ini terkareditasi. Makanya tadi, kami minta penjelasan instrument apa saja yang belum kami penuhi dan yang sudah. Sehingga kami bisa melengkapinya,” ujar Dessy.

Dessy menyebutkan, perpustakaan SMAN 1 Belinyu telah memiliki pengelola yang bertugas 12 tahun. “Pengelolaan perpustakaan kami kan pendidikannya S1 Perpustakaan, sehingga sudah sangat paham mengenai perpustakaan dan kepustakawnan. Ini salah satu daya dukung kami untuk akreditasi,” terangnya.

Selain itu, ditambahkan Dessy, pengelola perpustakaan juga dibantu aktivis perpustaan yang berasal dari siswa-siswi yang aktif dan membantu dalam pelayanan perpustakaan.

Harapan senada disampaikan Rohima, Pengelola Perpustakaan SMAN Belinyu. “Saya berharap tahun ini, Perpustakaan SMAN 1 Belinyu bisa terkareditasi,” tutupnya.(rel). 

Diatas Footer
Light Dark