by

Setda Beltim Urunan untuk THR PTT

Kesetiakawanan di antara Sesama
Tiap OPD Diharap Carikan Solusi

Ikhwan Fahrozi

MANGGAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Ikhwan Fahrozi berharap tiap kepala OPD akan mencarikan solusi bagi terbaik untuk memberikan THR bagi pegawai tidak tetap di masing-masing OPD. Salah satunya adalah dengan cara patungan dengan para pejabat dan PNS.

“Kayak kami di Sekretariat Daerah (Setda), sepakat ngasih sumbangan (urunan) untuk THR PTT Setda. Saya diminta Rp 500 ribu, asisten Rp 400 ribu, Kabag Rp 300 dan PNS Rp 100 ribu,” akhir pekan lalu.

Menurutnya, hal itu lebih baik dibanding memperdebatkan aturan dan kemampuan daerah untuk memberikan THR bagi PTT. Terlebih dengan begitu, jiwa kesetiakawanan di antara sesama pegawai akan lebih meningkat.

“Nantikan PNS akan dapat THR resmi. Dak ada salahnya memberikan sedikit saja rezeki yang didapat bagi rekan-rekan yang sehari-hari bergaul dan sering membantunya,” kata Ikwan.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa itu mengakui dengan aturan yang ada tidak memungkinkan untuk memberikan THR resmi bagi PTT. Bahkan menurutnya, jikalau pun ada Pemda yang memberikan THR itu berasal dari yang bukan anggaran resmi atau dari inisitif OPD.

“Yang di daerah lain itu kan baru katanya, belum jelas informasinya. Memang PTT mereka menerima THR, tapi kan kemungkinan besar dari OPD-nya, bukan dari APBD-nya,” jelas Ikwan.

Sementara itu, beberapa OPD di Pemkab Beltim sudah memberikan THR bagi seluruh PTT-nya. Jumlahnya pun beragam mulai dari Rp 300 hingga Rp 800 ribu, tergantung besaran jumlah sumbangan yang dikumpulkan dari OPD.

“Alhamdulillah, kami dapatnya Rp 350 ribu. Seluruhnya dapat sama rata,” ungkap salah seorang PTT di lingkungan Pemkab Beltim, Erin (44).

Pegawai yang sudah belasan tahun bekerja sebagai PTT itu mengakui meski besarannya tidak mencapai satu bulan gaji, Ia tetap bersyukur OPD yang menaunginya masih tetap peduli.

“Lumayan untuk nambah beli kebutuhan lebaran. Kebetulan kan bentar lagi gajian,” ujarnya seraya menekankan agar tidak menulis nama OPD-nya.

Walau sudah menerima THR dari OPD tempatnya bekerja, Erin tetap berharap Pemkab Beltim suatu saat nanti akan memberikan THR resmi dari APBD untuk seluruh PTT.

“Pastilah, kita ingin dapat THR resmi. Walau dak segede gaji bulanan, dak papa,” ucapnya. (dny/kmf/3)

Comment

BERITA TERBARU