by

September, PDBI Babel Gelar Kejurprov Drumband

PANGKALPINANG- Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (Pengprov PDBI) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan melaksanakan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Cabor Drum Band pada tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Kota Pangkalpinang pada September. Kejurprov digelar dalam rangka pembinaan di bidang olahraga khususnya cabang olahraga drumband.

Kejurprov akan diikuti oleh seluruh perwakilan dari tiap kabupaten dan kota di Provinsi Babel sebanyak tujuh unit drum band tim perwakilan masing – masing. Kejuaran Provinsi Cabor Drumband ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Babel melalui KONI Babel.

Adapun mata lomba yang akan dipertandingkan adalah Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris di bagi 2 nomor lomba yaitu 6000 Meter Beregu Putra dan 4000 Meter Beregu Putri dengan masing – masing jumlah atlet 10 orang. Lomba ini merupakan ketahanan dalam mempertahankan kerapian berbaris sambil memainkan alat musik , jarak yang di tempuh 6000 meter untuk putra dan 4000 meter untuk putri.

“Dari jarak tersebut harus di tempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit untuk putra dan 40 menit untuk putri , tapak lomba merupakan jalan raya yang sudah di tetapkan sebagai tapak lomba,” kata M Asriansyah selaku Plt Ketua Umum Pengprov PDBI Kepulauan Babel, dalam siaran persnya kepada Rakyat Pos, Jum’at (13/7/2018).

Sedangkan untuk Lomba Berbaris Jarak Pendek, lanjut dia, di bagi 2 nomor lomba yaitu 800 Meter Beregu Putra dan 600 Meter Beregu Putri dengan masing – masing jumlah atlet 10 orang. Lomba ini merupakan lomba kecepatan waktu tempuh, kerapian berbaris dan harmonisasi lagu. Jarak yg di tempuh adalah 800 meter untuk putra dan 600 meter untuk putri, sedangkan tempat lomba adalah lintasan atletik di stadion olahraga.

Asriansyah menambahkan, pihaknya melaksanakan Kejurprov bertujuan juga sebagai ajang seleksi bagi tim yang menjadi juara umum akan didaulat mewakili Tim Babel dalam Kejuaraan Nasional Drumband Pra PON pada tahun 2019. Untuk tahun – tahun berikutnya, Pengprov PDBI Babel, katanya, akan melaksanakan Kejurprov setiap tahunnya sebagai ajang dan barometer pembinaan atlet – atlet drumband di Babel.

Pelaksanaan Kejurprov Drumband pada tahun ini, lanjut Asriansyah, merupakan yang pertama kali di laksanakan oleh Pengprov PDBI Babel sejak terbentuk pada tahun 2004, dengan tujuan lebih mengenalkan cabang olahraga drumband yang belum popular di Babel.

“Masyarakat lebih banyak mengenal drumband pada saat perayaan parade HUT RI setiap tahunnya , padahal drumband sudah termasuk cabang olahraga di bawah KONI yang saat ini sudah dipertandingkan pada PON tahun 2016 di Jawa Barat,” katanya.

Dia berharap, dengan dilaksanakannya Kejurprov drumband agar mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk menjadikan drumband bukan sebagai pelengkap acara seremonial saja, melainkan juga nantinya dapat di ikut sertakan dalam ajang Porprov, Popda bahkan Porwil. (rls/10)

Comment

BERITA TERBARU