Sepanjang Agustus, Kebakaran Hutan Capai 40 Kasus

  • Whatsapp
Petugas Damkar Kabupaten Bangka saat memadamkan api di dua lokasi, Jumat (23/8/2019).(foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Kebakaran hutan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bangka. Pada Jumat (23/8/2019), kebakaran terjadi di daerah Belinyu dan Kenanga dengan menghanguskan belasan hektare lahan. Bahkan pihak Damkar Bangka harus ekstra keras berjibaku memadamkan api.

Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Satpol PP Bangka, Ahmad Fauzi seizin Kasat Pol PP, Dalyan Amri mengatakan kejadian pertama terjadi sekitar pukul 11.00 Wib di hutan kawasan Bukit Ketok Belinyu.

“Kita dapat info dari Lurah Bukit Ketok ada kebakaran jam 10, api baru kita padamkan jam dua siang setelah menurunkan satu mobil branwier dan mobil suplay dengan personil dua regu,” ungkap Fauzi kepada wartawan, Jumat siang.

Selain itu, dia menambahkan, pihaknya juga dibantu oleh pihak kelurahan, warga sekitar, Babinsa serta Bhabinkamtibmas. Setelah itu pihaknya juga langsung menuju ke arah Bubus Kelurahan Romodong Indah.

Fauzi juga mengatakan, tak lama berselang pihaknya juga meneriman laporan kebakaran hutan di lingkungan Kenanga sekitar pukul 12.30 dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.30 Wib.

“Waktu bersamaan juga ada kebakaran di Kenanga, teman-teman yang siaga di pos damkar langsung berangkat. Luas lahan kurang lebih satu hektar habis terbakar,” tambahnya.

Dia mengatakan kebakaran tersebut diduga terjadi karena dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kemungkinan besar dibakar oleh orang iseng dan tidak bertanggung jawab karena tidak mungkin kebakaran terjadi bila tidak ada yang menyulutkan api sehingga terbakar,” terangnya.

Dari catatan Satpol PP Bangka, dari tanggal 1 hingga 23 Agustus 2019 sudah lebih dari 40 kejadian kebakaran hutan yang tersebar di beberapa titik lokasi di Kabupaten Bangka. “Sekitar 70 persen terjadi di sekitar Jalan Raya Lintas Timur,” ungkap Fauzi.

Fauzi berharap masyarakat agar dapat menjaga hutan dan tidak menyalakan api ataupun benda-benda yang bisa menimbulkan percikan api di kawasan hutan. (mla/10)

Related posts