Senin, Satlantas Mulai Berlakukan Smart SIM

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangkalpinang siap meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar atau Smart SIM pada Senin (23/9/2019) mendatang. Pemberlakuan Smart SIM dimulai Korps Lalu Lintas Kepolisian RI dan dirilis secara nasional pada 22 September mendatang.

“Smart SIM akan dilaunching pada Minggu (22/9/2019) di Jakarta dan untuk di wilayah hukum Polres Pangkalpinang akan dimulai Senin,”ujar Kasat Lantas Polres Pangkalpinang AKP Nicodemus Brahmana, Kamis (19/9/2019).

Dia mengatakan sejauh ini pihaknya sedang melakukan upgrade pada sistem jaringan komputer sehingga pelayanan SIM saat ini belum bisa dilayani Satlantas . “Untuk itu dalam waktu dekat ini layanan pembuatan atau perpanjangan SIM sementara waktu tidak bisa kami layani,” terangnya.

Nicodemus menjelaskan Smart SIM tersebut nantinya akan menggantikan SIM lama, pada samrt SIM ini sudah dilengkapi chip yang merekam identitas serta merekam data pelanggaran pemegang SIM.

“Selain itu, SIM ini bisa menjadi uang elektronik untuk digunakan untuk membayar tol, kereta api, toko online serta pembayaran lainnya, yang tak kalah pentingnya smart SIM ini sangat sulit untuk digandakan atau di palsukan,” tutupnya. (das/10)

Related posts