Senam Bedincak, Meriahkan Puncak Peringatan HKN

  • Whatsapp
Wabup Syahbudin dan Pj Sekda Bangka, Akhmad Mukhsin mengendarai motor ambulan saat peringatan puncak HKN, Sabtu (23/11/2019).(foto: istimewa)

SUNGAILIAT – Ratusan masyarakat serta para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar senam bedincak di halaman Kantor Bupati Bangka, Sabtu (23/11/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memeriahkan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun yang diperingati pada tanggal 12 November yang lalu.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengungkapkan sesuai dengan peringatan HKN tahun 2019 yang berupaya mengkampanyekan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) bagi masyarakat sehingga kegiatan bedincak dilaksanakan. Menurutnya senam bedincak merupakan wujud pelestarian budaya sekaligus mengolahragakan masyarakat.

“Melalui kegiatan germas yang kita kemas dengan senam bedincak bersama kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat,” ujar Syahbudin.

Melalui momentum HKN ini juga dirinya mengungkapkan menjadi refleksi keberhasilan yang telah dicapai khususnya di bidang kesehatan. Keberhasilan tersebut baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan sejauh ini.

Sejauh ini, menurut dia, Kabupaten Bangka telah mencapai beberapa keberhasilan di bidang kesehatan. Capaian tersebut diantaranya menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, hingga keberhasilan pengendalian penyakit menular.

“Terima kasih kami ucapkan sebesar-besarnya karena dalam kurun waktu lima tahun ini angka stunting sukses diturunkan hampir 10 persen. Semua itu merupakan bukti nyata akan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan upaya yang terus dilaksanakan dinas kesehatan,” tutur Syhbudin.

Selain kegiatan berupa senam bedincak bersama sebagai upaya mendukung kegiatan Germas dilaksanakan juga kegiatan kesehatan lainnya juga. Kegiatan tersebut berupa pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB, donor darah, konsumsi buah serentak, dan bazar sayuran. (dinkominfotik)

Related posts