Sempat Diisolasi Enam Hari, Pasien di RSUP Soekarno Negatif Corona

  • Whatsapp
Konferensi pers di RSUD Ir. Soekarno, Jumat (21/2/2020). (foto: istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Hasil tes laboratorium terhadap pasien asal Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang sebelumnya diduga terinfeksi corona (Covid-19) di RSUP Dr. Soekarno, sudah keluar dan dinyatakan negatif.

“Setelah dilakukan pemeriksaan (laboratorium-red), alhamdulillah hasilnya dinyatakan negatif, artinya pasien tidak sakit disebabkan oleh infeksi Covid-19,” kata Direktur RSUD Ir. Soekarno, Armayani Rusli saat konferensi pers, Jumat (21/2/2020).

Read More

Menurut dia, pasien kelahiran tahun 1949 tersebut telah dirawat di RSUP selama 6 hari, sejak Minggu (16/2/2020). Pasien masuk dengan keluhan batuk, dan sesak nafas.

Dia sebelumnya dicurigai terinfeksi Covid-19 karena gejalanya yang mirip dengan virus corona karena baru kembali dari Singapura. “Kedua spesimen yang kita kirim, hasilnya negatif. Masyarakat Babel tak perlu khawatir lagi,” imbuhnya.

Armayani menambahkan, saat ini kondisi pasien dinyatakan baik dan sudah diizinkan kembali ke rumah, namun tetap dalam pengobatan, mengingat riwayat penyakit yang dideritanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Mulyono, menambahkan keluarnya hasil ini sebetulnya sudah diduga oleh pihaknya. Namun, pihaknya tetap harus menunggu hasil laboratorium dari Kemenkes untuk memastikan agar hasilnya akurat.

“Atas persetujuan Gubernur Babel kita sampaikan secara resmi melalui konferensi pers bahwa pasien tidak terinfeksi virus covid-19, sehingga untuk selanjutnya pasien tidak lagi dirawat di ruang isolasi,” jelasnya.

Mulyono menegaskan, masyarakat tak perlu khawatir, karena saat ini semua warga Babel dalam kondisi aman dari corona dan ia berharap virus yang mematikan ribuan orang di Tiongkok ini tidak sampai masuk ke Babel.

“Yang terpenting jaga kesehatan, pola hidup sehat, rajin berolahraga dan jangan lupa mencuci tangan dengan sabun,” imbaunya.(nov)

Baca juga: Ada Pasien Suspect Corona di Babel, Kadinkes Minta Warga Jangan Panik

Related posts