Sembilan Desa Gelar Pilkades Serentak

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Sembilan desa di Kabupaten Bangka akan melakukan Pemilihan Kades (Pilkades) serentak. Pemilihan tersebut akan dilaksanakan pada 3 November 2019 mendatang di tiap-tiap desa.

Kepala Dinsos Pemdes Bangka, Arman Agus mengatakan saat ini para calon kades masing-masing sedang diseleksi dengan berbagai tes yakni tertulis dan wawancara.

“Saat ini calon-calon kades ini kita tes dulu. Sebelumnya mekanisme, sosialisasi serta panitia penyeleksian dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa-red) sudah dilakukan semua,” ungkap Arman Agus, Selasa (17/9/2019).

Dia mengatakan sembilan desa yang akan melaksanakan Pilkades yakni Desa Riding Panjang Merawang, Jurung, Air Anyir, Air Duren, Riding Panjang Belinyu, Petaling Banjar, Kace Timur, Mapur dan Kimak.

Arman mengatakan tes tertulis dan wawancara yang dilakukan saat ini dikhususkan bagi desa dengan calon kades lebih dari lima orang.

“Kalau calonnya lebih dari lima orang harus ikut tes tertulis dan wawancara, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagari) Nomor 65 Tahun 2017,” terangnya.

Soal yang ditanyakan dalam tes tertulis dan wawancara tersebut juga terkait dengan sistem pemerintahan dan peraturan-peraturan dalam desa secara umum.

“Mereka (para calon kades-red) diberikan waktu 90 menit untuk menjawab, jadi seperti ujian anak sekolah,” tambahnya.

Namun untuk sesi tes dan wawancara tersebut hanya diikuti oleh enam calon kades saja yakni Desa Kimak, Mapur, Riding Panjang Belinyu, Air Duren, Petaling Banjar dan Kace Timur.

“Keenamnya ini ikut tes karena calonnya banyak tapi hari ini yang kita tes dulu empat desa, sementara dua desa lainnya yakni Petaling Banjar dan Kace Timur menyusul 10 Oktober nanti,” ungkap Arman.(mla/10)

Related posts