Self-Healing: Penyembuhan Luka Batin

  • Whatsapp
Oleh: ABRILLIOGA
Mahasiswa Hukum UBB

Mungkin sebagian besar dari masyarakat tidak asing lagi dengan sebuah ungkapan tentang “Self-Healing”. Self-healing berdasarkan sumber referensi penulis adalah sebuah proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Metode ini, dilakukan saat seseorang menyimpan luka batin yang mengganggu emosinya. Self-healing berguna untuk menyelesaikan unfinished bussines yang berakibat pada kelelahan emosi seseorang.

Sebagian besar orang pernah mengalami kelelahan emosional dalam berbagai bentuk. Seperti sedih karena kepergian orang tua, cemas terhadap masa depan, gagal meraih sesuatu, mengalami peristiwa yang tidak diinginkan, marah pada kesalahan diri sendiri, dan sebagainya. Lalu, apa yang harus dilakukan? Siapa yang seharusnya menyembuhkan luka itu?

Untuk menelisik dan menjawab pertanyaan mendasar itu semua, adalah diri kita sendiri melalui cara self-healing dalam proses perjalanan penyembuhan luka batin. Kita tahu bahwa cara mengobati sakit adalah dengan mengonsumsi obat, cara mempertahankan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi vitamin, dan cara mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh adalah dengan vaksin. Namun, apakah kita benar-benar tahu bagaimana caranya menyembuhkan luka batin yang bersembunyi di dalam diri?

Kita mampu merawat kulit, gigi, mata, dan tubuh. Namun, apakah kita juga mampu merawat pikiran dan perasaan kita sendiri? Tidak semua orang bisa berdamai pada diri sendiri. Bisa dibuktikan dengan banyaknya kasus bunuh diri yang terjadi disebabkan oleh depresi. Depresi adalah salah satu yang disebut dengan mental illnes. Adapun penyebab dari ini tidak lain adalah ketika seseorang tidak bisa berdamai dengan diri sendiri.

Baca Lainnya

Berdasarkan data yang dilansir penulis pada salah satu media nasional, bahwasanya kita semua perlu mengantisipasi peringatan WHO yang memprediksi pada 2020, depresi akan menjadi masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah permasalahan kardiovaskuler. Bahkan pada sepuluh tahun ke depan, depresi akan menduduki peringkat satu

Terbukti, pada pertengahan tahun 2020 Juni ini, sudah banyak kasus-kasus bunuh diri yang terjadi akibat depresi. Salah satunya adalah artis Bollywood yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan penggemar di Indonesia dan India akibat kematiannya  lantaran depresi dan bunuh diri.

Sejatinya, kesehatan mental adalah sesuatu yang perlu untuk kita pelihara agar jauh dari kata depresi, kecemasan yang berlebihan, kekhawatiran akan masa depan, perlakuan bullying yang diterima dalam lingkungan masyarakat, faktor keuangan dan ekonomi yang tidak stabil, serta anak yang mengalami broken home.

Dalam tulisan kali ini, Penulis ingin berbagi ilmu kepada semuanya agar bisa berdamai dengan diri sendiri dalam situasi dan kondisi apapun melalui metode self-healing. Self-healing adalah cikal bakal untuk menumbuhkan perasaan self-love terhadap diri sendiri. Ketika kita sudah berada dalam fase di satu titik yang disebut dengan self-love, maka sebesar apapun ujian dan rintangan yang nantinya akan kita hadapi, kita tetap akan tegar dan tenang dalam mengatasi dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang terjadi. Untuk itulah, Penulis berharap terutama pada mereka anak-anak generasi muda yang rentan akan krisis kepercayaan diri, untuk selalu self-improvment yang bersifat positif. Jika rasa depresi melanda terhadap diri kita, lakukanlah upaya self-healing sebagai antisipasi agar terhindar dari segala macam akibat yang berujung pada melukai diri bahkan sampai bunuh diri. (***).

Related posts