Selamat! Pemkab Basel Peringkat I Penyelesaian Tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI

  • Whatsapp

 

Pemerintah Kabupaten Basel meraih peringkat I penyelesaian tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK RI pada tahun 2020 semester I. (ist)

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan meraih peringkat I pada penyelesaian tindaklanjut hasil periksaan BPK RI. Pemkab Basel mengalami kenaikan penyelesaikan mencapai 10%. Tahun 2019 pada semenster kedua mencapai 78% naik pada semester I tahun 2020 sebesar 89%.

 

Baca Lainnya

Plt Kepala Inspektorat Basel, PD Marpaung mengungkapkan BPK RI berharap Inspektorat Basel tetap meningkatkan koordinasi dengan pimpinan daerah dan OPD untuk menyelesaikan tindaklanjut dan proaktif menginventarisasi temuan-temuan lama yang prioritas dapat diselesaikan.

 

“Alhamdulillah, Pemkab Basel meraih peringkat I penyelesaian tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK, tentu ini menjadi motivasi kita untuk terus meningkatkan kinerja. Ada beberapa harapan BPK agar Pemkab Basel melalui majelis TGR agar dapat melaksanakan fungsinya dengan memproses kerugian daerah sesuai dengan ketentuan, serta menerapkan pemantauan tindaklanjut melalui SIPTL, ini harapan BPK kepada kita,” kata Marpaung Rabu (29/7/2020) malam.

 

Marpaung menambahkan, BPK RI juga menyampaikan penyelesaian TLRHP berupa penyetoran uang ke kas daerah tidak segera ditagih kepada pihak yang bertanggungjawab menyatakan tidak sanggup menyetor sekaligus atau tidak mampu mengembalikan.

 

“Kita diminta berkoordinasi intens OPD yang bertanggungjawab dengan Inspektorat atau BPK, karena koordinasi ini dinilai masih kurang, sebagian besar majelis TGR belum melaksanakan fungsinya secara optimal untuk memproses penetapan kerugian daerah dan penagihannya serta implementasi SIPTL masih terkendala dengan berbagai alasan, ini menjadi tugas Inspektorat serta majelis TGR untuk kita tindaklanjuti,” tegas Marpaung. (raw)

 

Related posts