Selama 2020 Warga Payung Sumbang 400 Kantong Darah, Bisa Jadi Contoh

  • Whatsapp
Pelaksanaan Donor Darah di Kecamatan Payung, Senin (28/12/2020), dalam rangka Hari Relawan PMI 2020. (foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PAYUNG – Acungan jempol patut dilayangkan kepada warga Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Itu dikarenakan, selama tahun 2020 ini, mereka mampu menyumbangkan sebanyak 400 kantong darah ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Jumlah tersebut didapat dari kegiatan, dinataranya 70 kantong darah dalam HUT Kabupaten Bangka Selatan di bulan Februari, 44 kantong darah di Hari Palang Merah Remaja (PMR) Indonesia bulan Maret, 104 kantong di Hari Donor Darah Sedunia bulan Juni, 94 kantong di HUT PMI ke-75 bulan September, dan 88 kantong darah di Peringatan Hari Relawan PMI Indonesia yang digelar Senin (28/12/2020).

Read More

Demikian disampaikan Ketua PMI Kecamatan Payung, Nelly Nepuspita usai aksi donor darah dalam rangka memperingati Hari Relawan PMI di Gedung Serba Guna Krio Panting, Kantor Camat Payung.

Nelly mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Kecamatan Payung Bangka Selatan yang telah menyumbangkan darahnya untuk kebutuhan masyarakat tidak hanya di Bangka Selatan, namun untuk masyarakat se Pulau Bangka.

Sebab, katanya, darah-darah yang disumbangkan disalurkan ke PMI Pangkalpinang yang telah memiliki Unit Donor Darah (UDD). “Darah dari PMI Kecamatan Payung ini, bisa di pakai semua Pasien Se Pulau Bangka,” tegasnya.

Berkenaan dengan aksi donor darah memperingati Hari Relawan PMI 2020 ini, dikatakan Nelly, pendonor yang mendonorkan darahnya sebanyak 93 orang, termasuk didalamnya ada Kapolsek Payung. Namun, yang bisa diambil hanya 88 kantong darah.

Meskipun wilayah Kecamatan Payung diguyur hujan, dan dalam kondisi Pandemi Covid-19, kata Nelly, tidak menyurutkan semangat dan antusias masyarakat Payung dan sekitarnya untuk mendonorkan darahnya.

“Pelaksanaan donor darah ini, PMI Kecamatan Payung tetap menerapkan  protokol  kesehatan. Ini dimaksudkan sebagai langkah pencegahan  penyebaran virus covid-19,” ujar Nelly.

Nelly Nepuspita berharap, semakin banyak lagi mitra PMI dalam melakukan donor darah, serta tentunya dukungan dari semua pihak untuk berpartisipasi aktif berdonor darah.

Related posts