by

Sektor Perkebunan Lada Bateng Serap 2.000 Tenaga Kerja

Saat ini, Terdapat 3.000 Lebih Tenaga Kerja

KOBA – Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh mengungkapkan sektor perkebunan lada di wilayah tersebut telah mampu membuka lapangan kerja dan menyerap sebanyak 2.000 orang tenaga kerja.

“Data tahun 2017, kami mencatat ada satu juta batang lada dengan tenaga kerja mencapai 2.000 orang. Keberhasilan sektor ini bagi kami jelas sangat strategis dalam upaya mengurangi pengangguran,” ujarnya Selasa pekan kemarin.

Dikatakannya, pada tahun 2018 ini pemerintah daerah secara terus-menerus mendorong para petani untuk menambah luas tanaman lada, meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditas unggulan itu.

“Program menyalurkan bantuan bibit unggul masih berlangsung, kemudian menambah areal lahan budidaya. Tidak hanya itu, kita membimbing petani juga untuk mengubah pola tanam, sehingga mampu meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan,” terangnya.

Pemerintah daerah katanya hanya mampu mendorong petani lada untuk meningkatkan produksi ditengah-tengah merosotnya harga lada saat ini di Bangka Tengah.
“Kalau harga memang sulit kami kontrol dan yang bisa kami lakukan saat ini untuk mengimbangi harga lada yang terus anjlok adalah meningkatkan produksi dan kualitas ladanya,” ucapnya.

Ia menambahkan tidak hanya sektor perkebunan lada, tetapi sektor pertanian lainnya seperti sawit, karet dan tanaman hortikultura juga menyerap banyak tenaga kerja.

“Hingga saat ini terdapat sekitar 3.000 lebih tenaga kerja dari sektor perkebunan, belum lagi sektor usaha kecil menengah dan sejumlah sektor lainnya yang rata-rata sudah menyerap tenaga kerja,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU