by

Sekda Pangkalpinang Kunjungi Beltim

Sekda Belitung Timur saat menerima kunjungan Sekda Kota Pangkalpinang. (foto: dny).

Belajar Mekanisme Tunjangan
Ajak Beltim Nyaham di BPRS

Manggar – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Ratmida Dawam mengunjungi Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Jum’at (5/10/2018). Kunjungan Ratmida yang didampingi oleh Asisten II Sekda Fitriansyah, Sekretaris Badan Keuangan Daerah Budiayanto dan 5 orang pejabat Pemkot Pangkalpinang itu terkait tentang tunjangan jabatan.

Pemkot Pangkalpinang rencananya akan meniru mekanisme pemberian tunjangan kinerja (tukin) berbasis kelas jabatan dari Pemkab Beltim. Saat ini Pemkot masih menggunakan Tunjangan Penambahan Pendapatan (TPP) berdasarkan esselon.

“Kita ke sini untuk mempelajari tentang evaluasi jabatan karena adanya batas untuk menggunakan tunjangan kinerja. Kita juga memang sudah menyusun evaluasi, tapi belum sampai ke tunjangan kinerja,” ungkap Ratmida.

Ratmida mengemukakan Pemkot Pangkalpinang sedang dalam tahap penyelesaian evaluasi jabatan. Jika selesai maka dokumen akan diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

“Kami kan memberikan apresiasi ke Pemkab Beltim yang sudah selesai dulu, jadi kami harus belajar ke sini. Belajar itu kan bisa di masa saja sepanjang baik dan bagus, ya kita tiru,” kata Ratmida.

Pemkab Beltim merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah menyelesaikan seluruh tahapan untuk pemberian tunjangan berbebasis kelas jabatan. Tahun 2019 mendatang, Pemkab Beltim akan menjadi yang pertama menerapkan metode tersebut.

“Kita lihat dulu proses ini, kalau 2019 bisa dijalankan kita jalan. Kalau belum juga, ya paling lambat 2020 baru kita laksanakan,” ujar Ratmida.

Kunjungan Ratmida ke Kabupaten Beltim juga sekaligus silaturhami dengan Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi. Ikhwan didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yuspian dan Kepala Bagian Organisasi Setda Beltim, Susana Lingawati.

Ajak Beltim Nyaham di BPRS

Sekda Kota Pangkalpinang mengajak Pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk ikut melakukan penyertaan modal di Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Bangka Belitung. Ajakan itu disampaikan Sekda Pangkalpinang, Ratmida Dawam saat melakukan kunjungan silaturhami ke Sekda Beltim, Ikhwan Fahrozi, di Ruang Kerjanya Kantor Bupati beltim, Jum’at (5/10/2018).

Ratmida yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama BPRS Babel mengemukakan jika di Provinsi Kepulauan Babel, Kabupaten Beltim dan Kabupaten Bangka Selatan yang belum ikut melakukan penyertaan modal.

“Kami menghimbau dan berharap ada penyertaan modal dari Pemkab Beltim akan menyertakan modalnya bersama kami. Dari Kabupaten lain dan Provinisi sudah ikut,” harap Ratmida.

Ratmida mengatakan BPRS Babel selama ini sangat bermanfaat untuk membantu memberikan pinjaman bagi masyarakat, terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sesuai namanya, BPRS tak mengenal bunga atau riba di dalamnya hanya pembagian hasil.

“Kita menggunakan sistem syariah. Yang kita utamakan adalah untuk membantu pengembangan usaha kecil atau bantuan permodalan UMKM di Provinsi Bangka Belitung itu yang kita utamakan,” jelas Ratmida.

Setelah ini, pihaknya akan melakukan presentasi kepada Pemkab Beltim. Ratmida menyatakan besaran modal yang dapat disertakan dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Minimal penyertaannya, seusai kemampuan saja. Bank ini kan sudah 16 tahun berdiri, kita di Babel kan sudah hampir semua ikut di sini,” ujarnya. (kmf/dny/3)

Comment

BERITA TERBARU