by

Sekda dan Dua Pejabat Basel Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Mamin

-NEWS-968 views

Kajari Basel Safrianto Zuriat didampingi
didampingi Kasi Intel, Dody Purba dan Kasi Pidsus, Masagus Rudi A saat konferensi pers di Kejari Basel, Senin (foto: Dedy Irawan)

 

TOBOALI– Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi belanja makanan dan minuman (mamin) pada kegiatan fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas bupati dan wakil bupati pada Sekretariat Daerah Pemkab Basel tahun anggaran 2017. Ketiganya adalah Sekretaris Daerah Basel SW, Kabag Umum EK dan Bendahara Setda, YS.

Demikian dikatakan Kajari Basel, Safrianto Zuriat Putra dalam konferensi pers yang digelar Senin (10/12/2018). Menurut dia, penyidik tindak pidana khusus pada Kejari Basel telah berhasil memperoleh alat-alat bukti berupa saksi, surat, ahli dan petunjuk sehingga melakukan penetapan tersangka.

“Berdasarkan perhitungan kerugian keuangan negara oleh ahli BPKP Perwakilan Bangka Belitung ditemukan adanya penyimpangan dan menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar Rp1.683.570.735,” ungkap Kajari didampingi Kasi Intel, Dody Purba dan Kasi Pidsus, Masagus Rudi A.

Ketiga tersangka SW, EK dan YS, lanjut Kajari, dijerat pasal 2, pasal 3, pasal 9 jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan UU No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Ketiganya dalam minggu ini akan dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai tersangka, kita juga akan mengupayakan agar para tersangkan mengembalikan kerugian negaranya dan mudah-mudahan awal Februari 2019 perkaranya sudah kita limpahkan ke Pengadilan Tipikor,” pungkas Kajari.(raw)

Comment

BERITA TERBARU