Sedang Tidur, Pencuri HP dengan Joran Diringkus

  • Whatsapp

AKBP Wahyudi: Tersangka Mencuri di 10 TKP

PANGKALPINANG – Tim 1 Opsnal Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil meringkus terduga pelaku pencurian handphone (Hp), Indra Wijaya (35) di Jalan Tayib, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah pada Sabtu (12/10/2019) sekitar pukul 02.30 WIB.
“Pelaku dugaan pencurian Hp ini kami tangkap saat sedang tidur di rumah kontrakan sekitar pukul 02.30 WIB. Tersangka melakukan pencurian pada malam hari dengan cara membuka jendela dan mengambil barang menggunakan alat modifikasi yang terbuat dari joran pancing berbentuk serokan untuk mencuri,” tutur Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Babel, Kombes Pol Budi Hariyanto melalui Kasubdit 3 Jatanras, AKBP Wahyudi kepada Rakyat Pos, Minggu (13/10/2019).
Dari tangan Iin nama panggilan Indra Wijaya, polisi berhasil menyita barang bukti berupa dua unit hp dan power bank warna putih.

Selain itu, barang bukti lain diantaranya satu buah tas warna coklat, satu buah dompet warna coklat, satu buah jam tangan, satu buah joran pancing yang dimodif sebagai serok atau alat yang digunakan untuk melakukan pencurian dan satu unit motor King warna hitam tanpa plat nomor polisi.
“Motor ini biasanya digunakan untuk melakukan pencurian. Tersangka ini merupakan residivis kasus senjata api (senpi) rakitan tahun 2017 di Poltabes Palembang,” ulasnya.
Wahyudi mengungkapkan, pelaku juga telah menjalani vonis hukuman selama 2 tahun 9 bulan. Adapun hasil pencurian yang dilakukan oleh tersangka dijual kepada temannya, yakni Da.
“Tas selempang warna coklat seharga Rp100.000 dan Hp masih dalam pencarian,” jelasnya.
Dari hasil interogasi, dia menambahkan, tersangka melakukan tindak pidana curat di wilayah hukum Polres Pangkalpinang dan Polres Bangka ada 10 Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan rincian mencuri dua unit handphone, tas warna coklat, dompet warna coklat, jam tangan dan uang Rp 1.450.000 pada September 2019 di sebuah rumah di Jalan Tayib, Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.
Lalu mencuri handphone, power bank warna putih di Jalan Gandaria Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang tanggal 5 Oktober 2019 dan handpone tersebut masih digunakan oleh Indra Wijaya dengan Laporan Polisi (LP) di Polsek Gerunggang.
Melakukan pencurian Hp di Kecamatan Gabek dan laporan pengaduan BB belum ditemukan. Mencuri handpone di Jalan Selan sekitar bulan September dan tidak ada LP. Menggasak Hp di Kecamatan Gabek, baran bukti (BB) dijual kepada temannya yang sudah pulang ke Lampung dan tidak ada LP. Mencuri Hp di Selindung yang dijual kepada temannya dalam pencarian, namun tidak ada LP.
Selanjutnya melakukan pencurian Hp di Lembawai dalam pencarian dan tidak ada LP. Mencuri di Selindung, dan di Jalan Tutut Sungailiat sudah 2 kali mencuri.
“Tersangka untuk saat ini sudah dibawa ke Mapolda Babel guna untuk dilakukan interogasi serta penyelidikan lebih lanjut,” tandas Wahyudi. (bis/1)

Related posts