SDN 11 Simpang Rimba Berakhlak dan Berprestasi

  • Whatsapp

Sejak 2010 Voli Mini Jadi Wakil Nasional

Read More

Rusman,S.Pd

Sekolah Dasar Negeri 11 Simpang Rimba yang berlokasi di Desa Sebagin Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan memiliki prestasi gemilang. Sejak tahun 2010 lalu, SD ini selalu menjadi wakil Provinsi Bangka Belitung di tingkat nasional dalam sejumlah cabang olah raga seperti voli mini, tenis meja dan atletik. Meski berprestasi di bidang olah raga, Kepala Sekolah SDN 11 Simpang Rimba Rusman S.Pd  menyebutkan, sekolahnya tetap mengutamakan siswa berakhlak sekaligus berprestasi.
“Melalui visi misi, kami ingin menjadikan seluruh civitas sekolah khususnya siswa menjadi manusia yang berkualitas, cerdas, terampil dan berbudi pekerti yang baik. Cara kita untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien sehingga tercapai prestasi yang optimal, kegiatan non akademik agar siswa berkembang potensinya, meningkatkan keterampilan serta penghayatan nilai-nilai agama sehingga memiliki budi pekerti yang arif dan bijaksana, kita memang unggul di bidang olah raga, tetapi kami tidak melupakan akademik serta memprioritaskan agama dan akhlak,” jelas Rusman.
Ia menjelaskan SDN 11 Simpang Rimba didampingi dua orang guru olahraga yakni Frandinata dan Ray Triandana pada tahun 2016 lalu berhasil membawa tim bola voli mini yakni Katrina, Miranda dan Rianti ke tingkat nasional di Jakarta. Selain itu, dua siswa lainnya Indra Jumadi juga berhasil merebut juara II dalam olah raga Tenis Meja di tingkat Provinsi. “Dan pada tahun ini voli mini ditiadakan sehingga hanya satu  pelajar kita cabang olah raga renang yang berhasil meraih tiga medali, dua emas dan satu perak atas nama Dodi. Alhamdulillah di ajang O2SN, FLSN dan OSN, SD kita selalu memimpin olahraga renang serta voli mini,” imbuhnya.


Selain didampingi guru olah raga, para atlet siswa SDN 11 Simpang Rimba ini, tambah Rusman,  juga dilatih secara khusus oleh pelatih dari Desa Sebagin Suminto. “Kita ada pelatih eksternalnya Pak Suminto, beliau ini selain guru ngaji, juga melatih fisik para atlet kita dan alhamdulillah memang latihan yang ajarkan Pak Suminto sangat membantu kesiapan fisik atlet kita,” ujar Rusman. 


Di sisi lain ia menambahkan, saat ini SDN 11 Simpang Rimba memiliki siswa sebanyak 478 dengan 17 ruang belajar. “Kami juga memiliki tenaga pengajar PNS dan honorer berjumlah 22 orang, kegiatan ekstrakurikuler pramuka kita laksanakan, selain itu ada juga pesantren kilat dan alhamdulillah kita selalu aktif dalam kegiatan seperti HUT RI, HUT Basel serta agenda lainnya,” pungkas Rusman seraya menyebutkan prestasi akademik dan olahraga harus juga diimbangi dengan akhlak dan budi pekerti siswa yang luhur. (dedyirawan/10)

Related posts