SD Tunas Harapan Muntok Wakili Bangka Belitung

No comment 216 views

Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017

Kabupaten Bangka Barat patut berbangga karena kembali mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.
Tim penilai yang terdiri dari 5 orang langsung berkunjung SD Tunas Harapan Muntok , Selasa 16 Mei 2017 yang menjadi salah satu harapan Kabupaten Bangka Barat dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat meraih prestasi di lomba sekolah sehat tingkat nasional tahun 2017.

Tim penilai terdiri dari dua orang perwakilan kementerian kesehatan, dari kementerian pendidikan dan kebudayaan 2 orang dan dari kementerian agama 1 orang, didampingi tim pembina UKS/ M Provinsi Kepulauan Babel yang diterima langsung oleh Bupati Bangka Barat Drs. H. Parhan Ali, MM, Ketua TP PKK Bangka Barat Hj. Annisa Parhan, Sekda Bangka Barat Drs. H. Yunan Helmi.

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Drs. Ismantho, Kabag Kesra Suradi, S.Ag, MPd Kepala Bidang pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Achmad Nursyandi, S. Far, Apt, MPH , Perwakilan dari Kementerian Agama Muslih, anggota TP UKS/ M Kabupaten Bangka Barat, TP. UKS/ M Kecamatan Muntok, Kepala Puskesmas Muntok H. Arsul Sani, SKM, Kepala Sekolah SD Tunas Harapan Muntok Nurilla, SPd beserta guru dan siswa SD Tunas Harapan.

Selain itu penilaian LSS juga dihadiri, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bangka Barat H. Badri Samsu, anggota DPRD Yuhanis, Sayuti Arsyad, S. Kom, Rusdian, Nendar Firdaus, kepala OPD Kabupaten Bangka Barat, Kepala Sekolah di Kecamatan Muntok dan komite sekolah.

Dalam kesempatan ini tim penilai mengatakan bahwa kunjungan ke SD Tunas Harapan untuk memverifikasi instrumen hasil penilaian yang dilakukan provinsi dan profil yang sudah dikirim ke TP UKS/ M Pusat. Aspek penilaian meliputi TRIAS UKS antara lain lingkungan sekolah, kantin, toga, kebun sekolah, pengetahuan dan keterampilan dokter kecil ( dokcil ) rasio dan kebersihan toilet, kerjasama dan pemberdayaan masyarakat sekolah.

Sedangkan Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali memberikan ucapan selamat, terimakasih dan rasa bangga kepada SD Tunas Harapan Muntok yang telah membawa nama Kabupaten Bangka Barat untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada penilaian lomba sekolah sehat di tingkat nasional. “Saya berharap bisa mendapatkan predikat sebagai juara di tingkat nasional sehingga akan menjadi pemicu dan motivasi bagi sekolah lainnya di Kabupaten Bangka Barat untuk mengembangkan usaha kesehatan sekolah / madrasah,” kata Parhan.

Beliau menambahkan bahwa di Kabupaten Bangka Barat berusaha melaksanakan amanat Undang -Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya salah satunya melalui usaha kesehatan sekolah / madrasah, hal tersebut diperkuat dengan Peraturan Daerah tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS ) serta Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok ( KTR ) serta gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) di sekolah.

Berbagai usaha dan strategi yang telah kami lakukan terkait dengan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah / madrasah di Kabupaten Bangka Barat ini bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Secara terpisah Achmad Nursyandi mengatakan bahwa dinas kesehatan sendiri berupaya untuk melakukan kegiatan bersifat promotif dan preventif melalui puskesmas dengan melatih dokter kecil, selain menggunakan dana APBD petugas di puskesmas juga bisa memanfaatkan dana jaminan kesehatan Nasional ( JKN ) dan bantuan operasional kesehatan (BOK) yang ada di seluruh Puskesmas di Bangka Barat.

“Jadi kegiatan lomba sekolah sehat ini merupakan upaya promotif dan preventif ini untuk mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional. Usaha kesehatan sekolah ini penting di era jaminan kesehatan nasional agar warga termasuk anak didik di lingkungaan sekolah tidak mudah sakit,” katanya. (wan/10)

No Response

Leave a reply "SD Tunas Harapan Muntok Wakili Bangka Belitung"