by

SBMPTN 2019, Tes Dulu Baru Daftar PTN

-Opini-70 views

Oleh: BISMI, M.Pd
Guru SMA Negeri 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur

Hasil seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah diumumkan, Jumat (22/3). Dari 478.608 peserta, sebanyak 92.331 atau sekitar 19,27% siswa dinyatakan lolos seleksi. Menurut Menristek, SNMPTN 2019, ada 18.206 sekolah yang siswanya mengikuti, 40 persen berasal dari sekolah dengan akreditasi A, 25 persen berasal dari sekolah dengan akreditasi B, dan 5 persen dari sekolah yang akreditasinya C atau belum terakreditasi.
Bagi siswa yang tidak lolos jalur SNMPTN tidak usah berkecil hati. Masih ada peluang masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Peluang jalur ini cukup besar dibading pola seleksi jalur SNMPTN dan jalur Seleksi Mandiri, yakni minimal 40%. Sementara jalur SNMPTN, daya tampung minimal 20%, dan Seleksi Mandiri maksimal 30% dari kuota daya tampung tiap prodi di PT.
SBMPTN 2019 berbeda dengan SBMPTN tahun sebelumnya, termasuk sistim tes yang dilakukan peserta sebelum mendaftar. Meminjam istilah Menristek, “perubahan revolusi di dalam sistem penerimaan mahasiswa perguruan tinggi”. Perubahan mendasar pada sistim tes, kalau ketentuan tahun lalu, peserta daftar dulu baru tes, SBMPTN tahun ini sebaliknya, peserta tes dulu, dapat nilai baru daftar. SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan.
Peserta tes dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali, peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan. Materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Untuk soal TKA, tetap akan menggunakan pilihan Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial Humaniora (Soshum).
Kebijakan mengikuti UTBK dua kali ini, memungkinkan siswa untuk memperbaiki nilai sesuai dengan keinginan, jurusan dan PTN yang akan menjadi ‘target’ pilihan peserta. Jika siswa tidak puas dengan nilai yang diperoleh dalam UTBK pertama, siswa bisa memperbaiki di UTBK kedua, jenis soal akan sama, namun pertanyaannya akan berbeda. Peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan. Kebijakan ini juga akan membuat peserta lebih fokus, dan peserta bisa menentukan jurusan dan PT yang akan diambil sesuai nilai tes yang diperoleh. Termasuk peluang diterima atau tidaknya sudah bisa diprediksi sejak awal.
Merujuk laman resmi SBMPTN 2019, tujuan SBMPTN, pertama, menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Kedua, memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah. Ketiga, memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi negeri tujuan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi siswa lainnya.
Kelompok program studi dan jumlah pilihan sebagai berikut. Pertama, program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Kedua, Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut, jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum.
Jadwal UTBK, pendaftaran 1 Maret – 1 April 2019, di mana UTBK gelombang pertama ditutup Minggu (24/3), sedangkan pendaftaran UTBK gelombang kedua akan dilaksanakan mulai Senin (25/3) pukul 10.00 sampai Senin (1/4) pukul 22.00 WIB. UTBK diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, sebanyak 10 kali.Setiap hari terdapat dua sesi tes, yaitu pagi dan siang sebanyak 20 sesi (kecuali hari libur nasional). UTBK untuk pendaftar gelombang pertama dilaksanakan pada 13 April – 4 Mei 2019, sedangkan tes peserta gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019. Pendaftaran SBMPTN akan dimulai tanggal 10-24 Juni 2019, dan pengumuman hasil SBMPTN tanggal 9 Juli 2019. (***).

Comment

BERITA TERBARU