Opini

Satuan Karya Pramuka “Saka Kalpataru”

Penulis: Sri Heldawati, S.T

Pengendali Dampak Lingkungan DLH Prov.Kep.Babel

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Guna melaksanakan usaha tersebut khususnya pelestarian lingkungan hidup, diperlukan kesadaran dan peran serta seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup baik di daratan, pesisir dan perairan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, secara adil lestari dan berkelanjutan.

Sehingga untuk memberi wadah kegiatan khusus dalam Gerakan Pramuka di bidang lingkungan hidup, perlu dibentuk Satuan Karya Pramuka Kalpataru sebagai sarana dan wahana bagi Pramuka Penegak dan Pandega melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggung jawab terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Pengendalian dan pelestarian lingkungan hidup perlu peran serta aktif masyarakat, terutama kelompok generasi muda yang berprilaku ramah lingkungan. Salah satu mitra muda yang strategis adalah kelompok generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka.

Wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang kejuruan, serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya, serta bekal pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

Lambang Kalpataru diadopsi dari relief yang terdapat pada dinding Candi Mendut dan Prambanan. Kalpataru sendiri mencerninkan suatu tatanan lingkungan yang serasi, selaras dan seimbang serta merupakan tatanan diidamkan karena melambangkan hutan, tanah air, udara dan makhluk hidup. Saka Kalpataru adalah Satuan Karya Pramuka untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggung jawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan dan melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang.

Pages: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top