Satu Tersangka Tipikor DAK Dindik Basel Adalah Tenaga Honorer

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Satu dari dua tersangka Tipikor DAK Dindik Basel Rp 17 M yang ditetapkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan adalah tenaga honorer Pemkab Basel.

Read More

Kedua tersangka adalah Apriansyah Hermawan alias Jensen dan Ardiansyah alias Riyan yang merupakan fasilitator dalam kegiatan.

keduanya ditetapkan sebagai TSK berdasarkan surat perintah penyidikan nomor 313/L.9.15/FD.I/XI/2020 tanggal 26 November yah dikeuarkan berdasarkan surat penetapan tersangka Pidsus 18 nomor 1694/L.9.15/FD.I/XI/2020 atas nama tersangka Apriansyah Hermawan alias Jensen bin Supriyana

Dan surat perintah penyidikan nomor 314/L.9.15/FD.I/XI/2020 tanggal 26 yang dikeluarkan berdasarkan surat penetapan tersangka nomor 1695/L.9.15/FD.I/XI/2020 atas nama tersangka Ardiansyah alias Rian.

“Penetapan kedua tersangka berdasarkan laporan perkembangan hasil penyelidikan telah diperoleh bukti yang cukup dalam dugaan tidak pidana korupsi dalam pelaksanaan 36 kegiatan pembangunan dan rehabilitasi prasarana sekolah DAK fisik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan tahun 2019,” ujar Kajari Basel Mayasari melalui Kasi Intel Dody Purba kepara wartawan, Kamis (26/11/2020).

Ia menuturkan dengan telah ditetapkannya kedua tersangka sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi pelaksanaan 36 kegiatan tersebut, maka pada hari ini penyidik telah menetapkan tersangka dan melakukan penahanan.

“Sebelum dilakukan penahanan akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu baik itu pemeriksaan rapid tes maupun pemeriksaan kesehatan. Rencananya kedua tersangka akan dititipkan di rutan Polres Bangka Selatan,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, kedua tersangka ini berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan DAK Dindik Bangka Selatan tahun 2019. Kedua tersangka ini diduga melakukan penyelahgunaan wewenang yang seharusnya mereka sebagai fasilitator tetapi mereka merangkap sebagai kontraktor.

“Untuk kerugian sedang dalam perhitungan tim BPKP, dan untuk penambahan tersangka lain kita tunggu perkembangan dari tim penyidikan,” jelasnya

Dody menambahkan, kedua tersangka disangkakan dengan pasal 2 dan pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) ancaman hukuman pada pasal 2 minimal 4 tahun maksimal 20 tahun penjara. (raw)

Related posts