Satu Perwira dan Dua Bintara Disidang

  • Whatsapp
Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Erlichson Pasaribu didampingi Kasie Propam Ipda RTA Sianturi. (Foto: Bambang Irawan)

PANGKALPINANG – Sikap dan tindakan tegas dari Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Erlichson Pasaribu terhadap personelnya, patut diacung jempol.
Pasalnya, perwira yang menyandang melati dua di pundaknya ini tak segan-segan akan menindak anggotanya yang melakukan pelanggaran.
Ia menuturkan, sebanyak tiga personel Polres Pangkalpinang telah menjalani sidang disiplin, lantaran diduga melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan tugas.
Dari tiga personel tersebut, terdiri dari satu perwira dan dua bintara.
“Kalau punishment melalui provos, kita ada beberapa anggota yang sudah kita lakukan sidang disiplin punishment. Ada juga yang sudah dites urinennya dan dinyatakan positif,” ungkap Wakapolres kepada Rakyat Pos, akhir pekan kemarin.
Selain itu, diakuinya, dari tiga personel ini, ada juga yang tidak profesional dalam melaksanakan tugas.
Satu positif narkoba dan dua lainnya lalai tugas.
“Sudah kita laksanakan sidang disiplin. Kalau kemarin yang kita sidangkan ada satu orang (positif mengkonsumsi narkoba), sedangkan yang lain masih kita amati,” bebernya.
Erlichson menegaskan, tes urine guna pengecekan personel yang terlibat narkoba akan dilaksanakan secara mendadak, alias tanpa pemberitahuan sebelumnya.
“Karena inikan harus kita laksanakan mendadak, jadi pada saat kita kumpulkan tiba-tiba kita laksanakan tes urine. Jadi, kalau misalnya ada tes urine, itu yang pertama dites pimpinannya,” tegasnya.
Untuk itu, dia mengajak pimpinan seharusnya sudah pasti memberikan contoh yang baik bagi anggotanya.
Pimpinan harus memberikan contoh bahwa hal yang dilarang tidak boleh dilakukan.
“Jadi, kalau memang anggota tidak boleh menggunakan narkoba, pimpinan juga tidak menggunakan narkoba. Tidak (PTDH), dia hanya disiplin saja, kalau PTDH itu kode etik dan profesi, sedangkan disiplin sanksi ringan,” tandas Wakapolres. (bis/6)

Pos terkait