Satu Lagi Positif di Pangkalpinang, Jumlah Kasus Covid-19 di Babel Menjadi 36

  • Whatsapp
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (GTPPC-19 Babel) membenarkan penambahan satu warga terkonfirmasi positif Coronavirus (Covid-19), Kamis (21/5/2020). Tercatat, sudah 36 kasus positif di Babel.

“Dari data yang masuk, ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan Swab PCR Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes, Jakarta,” ujar Juru bicara GTPPC-19 Babel Andi Budi Prayitno, Kamis sore.

Read More

Menurut informasi yang diterimanya, lanjut Andi, bahwa pasien ini merupakan seorang birokrat yang menjabat sebagai kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, berinisial A, laki-laki warga Pangkalpinang.

“Tadi siang, bapak Maulan Aklil selaku Walikota sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang sudah menyampaikan terkait hal itu kepada wartawan, dari data yang kami terima, pasien terbaru yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini adalah salah seorang Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkot,,” kata paparnya.

Ia melanjutkan, hingga saat ini per 21 Mei 2020 dengan bertambahnya 1 (satu) lagi pasien asal Pangkalpinang, total jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Babel sudah 36 orang. Rinciannya Pangkalpinang 7, Bangka 5, Bangka Selatan 2, Bangka Barat 15, Bangka Tengah 2, Belitung 4, dan Belitung Timur 1 orang.

“Saat ini untuk pasien yang dalam perawatan ada 11 orang, sembuh sebanyak 24 orang dan meninggal 1 orang,” jelas Andi.

Sementara itu hingga saat di Babel berdasarkan data yang ada hingga 21 Mei 2020 terdata Orang Tanpa Gejala (OTG) 1298 dimana dalam proses pemantauan ada 407, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 993 dimana dalam proses pemantauan sebanyak 10, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 89 dimana dalam proses pengawasan ada 10 orang.

“Untuk situasi terakhir di Wisma Karantina Pemprov Babel saat ini ada 21 orang penghuni di antaranya sebanyak 11 OTG, ODP sebanyak 5 orang dan PDP nol,” jelasnya. Lebih lanjut, Andi mengimbau dan mengharapkan, untuk saling bekerjasama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Kita tidak punya pilihan, tidak bisa tidak, kita harus saling mendukung, saling support dan bekerjasama, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh Gugus Tugas Kabupaten dan Kota khususnya masyarakat Babel untuk terus memperkuat kolaborasi serta menghindari polarisasi yang kontraproduktif dalam menghadapi pandemi Covid-19,” harap Andi.

Untuk terus menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Babel, Ia pun berpesan kepada masyarakat Babel untuk tetap mengikuti protokol Covid-19.

“Kita harus disiplin, harus terus memastikan bahwa Protokol Covid-19 betul-betul kita jalankan, bukan saja demi menyelamatkan diri sendiri dan orang-orang terdekat kita dari virus Corona yang mematikan, tapi juga ikut membantu meringankan beban para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dengan tidak menambah jumlah pasien yang terpapar dan harus dirawat,” pungkasnya. (rls)

JustForex

Related posts