by

Satlinmas Jadi Garda Terdepan Kehidupan Masyarakat

-Belitong-101 views
Bupati Belitung Timur menyerahkan SK Pelantikan 386 anggota SATLINMAS se-Beltim yang dilaksanakan di halaman Upacara Kantor Bupati Beltim, Selasa (13/2/2018), pagi. (foto: dny)

Bekerjalah dengan Hati Nurani

MANGGAR – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) adalah organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Desa/Kelurahan yang beranggotakan warga masyarakat dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana serta ikut memelihara keamanan sosial masyarakat.

Untuk itulah, maka SATLINMAS ini menjadi garda terdepan dalam kehidupan masyarakat secara umum baik di pedesaan maupun diperkotaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza saat Apel Pelantikan 386 orang anggota SATLINMAS se-Beltim yang dilaksanakan di halaman Upacara Kantor Bupati Beltim, Selasa (13/2/2018), pagi.

Berkaitan dengan Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Penindungan Masyarakat, maka tugas SATLlNMAS selain ikut aktif dalam penanganan ketentraman dan ketertiban umum di masyarakat, juga dalam keamanan penyelenggaraan Pemilihan Umum atau yang Iebih dikenal dengan PAM Pemilu.

“Dengan dilantiknya para SATLINMAS se-Kabupaten Belitung Timur tentunya dapat membantu dalam penangulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban didalam masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial masyarakat penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu serta membantunya upaya pertahanan sosial,” ujar Yuslih.

Semoga dengan kehadiran SATLINMAS di tiap desa di Kabupaten Belitung Timur dapat meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat, mempertinggi kesadaran sosial, daya tahan serta daya Iawan cegah masyarakat dalam mencegah dan menghadapi berbagai macam pelanggaran dan kejahatan, serta mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

“Saya mengimbau kepada para SATLINMAS yang baru saja dilantik untuk dapat bekerja dengan baik dan bertanggung jawab serta berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian, dalam memelihara ketertiban umum, kerjasama dengan TNI dalam upaya pertahanan Negara serta kegiatan sosial kemasyarakatan Desa,” imbau Yuslih.

Bekerjalah dengan hati nurani menjunjung tinggi norma sosial, norma agama, hak asasi manusia, bekerjalah dengan memegang disiplin, berpegang teguh pada janji SATLINMAS.

“Selesaikan semua perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat, ciptakan selalu kondisi Kabupaten Belitung Timur yang aman dan damai,” tutup Yuslih. (dny/3)

Comment

BERITA TERBARU