Satgas Pangan Sidak Delapan Subdistributor & Agen

  • Whatsapp
Satgas Pangan Kabupaten Belitung yang terdiri dari Polres Belitung, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, saat Sidak ke subdistributor Bawang Putih di Belitung, Senin (6/5/2019).(foto: istimewa).

Tidak Ditemukan Penimbunan Bawang Putih

TANJUNGPANDAN – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Belitung yang terdiri dari Polres Belitung, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Senin (06/05/2019) melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap subdistributor dan agen Bawang Putih di Kabupaten Belitung.

Tim satgas ini, secara langsung mendatangi delapan subdistributor dan agen. Sidak yang dipimpin oleh Kepala Unit (Kanit) Tipiter Satreskrim Polres Belitung Ipda Makhbul itu, tidak menemukan adanya penumpukan stok bawang putih.

Rata-rata subdistributor dan agen hasil sidak tersebut memang sudah tidak ada lagi menyimpan bawang putih, yang kini sudah mulai sulit. Gudang hasil mereka sidak kemarin, rata-rata dalam kondisi kosong.

“Sementara ini memang gudang – gudang masih pada kosong, artinya memang tidak ada penimbunan bawang putih. Kalau ada penimbunan, tetap akan ketahuan, karena kami mengecek langsung tadi ke lapangan,” kata Maqbul kepada Rakyat Pos, kemarin.

Tim Satgas Pangan, ditegaskannya, tetap akan memantau ketersediaan bawang putih ini setiap hari. Lantaran ini bukan menjadi permasalahan di Belitung saja, tapi sudah menjadi isu nasional.

“Kami mengimbau jangan sampai ada ‘permainan’ disini. Kalau ada informasi terkait itu, masyarakat tolong laporkan kepada kami dan akan kami tindak. Termasuk terkait dengan harga, kami minta jangan terlalu tinggi dan melampaui batas juga,” pinta Magbul.

Kata Maqbul, informasi dari berbagai subdistributor memang kemarin sudah ada pembongkaran terhadap importir bawang putih di Jakarta.

“Tapi belum ada tindaklanjutnya sampai kesini (Belitung). Dan kami ketika barang datang nanti di pelabuhan, akan kami kawal. Supaya tersalurkan secara betul – betul nanti ke masyarakat,” pungkasnya. (dodi/3)

Related posts