Sat Pol PP se Babel Rakor di Beltim

  • Whatsapp
Pol PP se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menggelar rapat koordinasi di Belitung Timur.(foto: yan).

MANGGAR – Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pol PP se-Provinsi Babel. Acara yang dilaksanakan di Hotel Oasis Kamis (7/9/2017) tersebut, dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi.

Kegiatan internal Pol PP tersebut dihadiri langsung oleh Kasat Pol PP Provinsi Babel, Harrie patriadie, Kasat Pol PP Kabupaten Beltim, Ronny Setiawan, Kasat Pol PP Bangka Selatan, Saut Ritonga, Kasi Intel Kajari Manggar Andre, Serma Erwin mewakili Pabung TNI AU Beltim, Para Kabid dan Kasi Satpol PP se- Beltim.

Muat Lebih

Ikhwan Fahrozi dalam kesempatan menekankan tentang situasi di Beltim. “Menyikapi maraknya kasus di masyarakat khususnya dibidang pertambangan, kehutanan dan kelautan yang sudah menjadi wewenang Pemprov dan Pusat, diharapkan melalui forum ini, dapat dirumuskan kebjakan penegakan Perda dibidang tersebut, serta adanya dukungan kerjasama antar Satpol PP atas pelanggaran Perda dan tramtibum lintas wilayah provinsi, seperti minuman beralkohol, narkoba dan kegiatan illegal lainnya.

“Kualitas instansi penegak Perda yaitu Satuan Pamong Praja wajib diperkuat sarana prasarana, sumber daya manusia, maupun anggarannya, agar Perda-Perda buah pemikiran demokrasi daerah dapat ditegakkan,” Harap Ihkwan.

Ikhwan juga menekankan terhadap beberapa point terkait tugas dan fungsi Sat Pol PP, diantaranya selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan Satuan Polisi Pamong Praja sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan, dan tantangan terkait ketenteraman dan ketertiban umum yang terjadi di masyarakat.

Kemudian, membuka ruang dialog kepada seluruh lapisan masyarakat atas kebijakan-kebijakan yang hendak diambil dengan tetap memegang teguh peraturan perundang-undangan yang berlaku, selalu peka terhadap perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga dapat melakukan langkah antisipatif untuk menghindari dampak yang lebih besar.

Terakhir, tingkatkan jejaring kerja baik dengan sesama Satuan Polisi Pamong Praja maupun unsur-unsur lain yang mendukung tugas dan fungsi di lapangan..

Sementara itu, Kasat Pol PP Provinsi Babel, Harrie patriadie mengatakan, pertemuan ini merupakan keinginan bersama Satpol PP Kabupaten/kota se Babel.

Menurutnya, Tujuan Rakor diantaranya sebagai ajang silaturahmi, menyatukan Sinergiditas antar Satpol PP, ajang komunikasi, koordinasi serta menindaklanjuti monatorium yang disepakati antara Gubernur dan Bupati se Babel.

Harrie berharap dengan terlaksananya Rakor ini, menjadikan kinerja Satpol PP ke depan semakin baik.

Dalam kesempatan yangh sama, Kasat Pol PP Beltim, Ronny Setiawan, berharap pelaksanaan Rakor dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, dan itu disepakati oleh peserta rapat.

Maksud dilaksanakan Rakor ini, kata dia, dalam rangka pembahasan persoalan terkait kewenangan yang sudah beralih ke provinsi, namun saat ini belum efektif dilaksanakan. Sehingga perlu adanya koordinasi yang efektif dalam rangka menunjang tugas pokok yang yang kewenangan Satpol PP.(yan/3).

 

Pos terkait