Sanem Pantau Daerah Rawan Banjir

  • Whatsapp
Bupati Belitung, Sahani Saleh atau yang akrab di sapa Sanem menyusuri Drainase yang ada di wilayah seputaran Tanjungpandan Kabupaten Belitung. (foto: dodi)

TANJUNGPANDAN – Menjelang musim hujan tiba, Bupati Belitung, Sahani Saleh melakukan pemantauan di sejumlah tempat yang biasanya rawan banjir.

Sahani Saleh, menelusuri beberapa saluran drainase yang ada di wilayah Tanjungpandan, seperti Kampung Parit dan Kampung Amau, Senin (2/12/2019).

Hal itu dilakukan, untuk melihat langsung debit air, luasan dan kedalaman saluran air saat ini. Selain itu, yang paling penting ialah mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah di sekitar aliran sungai.

Dari pantauannya, pria yang akrab disapa Sanem itu, masih mendapati beberapa saluran yang dipenuhi dengan sampah.

“Ya, masih ada tumpukan-tumpukan sampah, dan selokan air yang penuh dengan sampah-sampah,” kata Sanem usai meninjau beberapa drainase.

Sanem menghimbau kepada perangkat kelurahan, agar segera membersihkan tumpukan sampah yang ada di aliran air.

Karena, jika hujan turun hal itu bisa sangat mempengaruhi terjadinya banjir. Dikarenakan terjadinya penyumbatan pada setiap saluran.

“Dan sudah kita sampaikan juga kepada pak RT, lurah dan masyarakat untuk tolong yang kurang bersih, segera bersama-sama kita bersihkan,” ujar Sanem.

Disamping itu, dia menyebutkan bahwa penanggulangan banjir telah dilakukan dengan program Kotaku (kota tanpa kumuh) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

“Program Kotaku, kan itu sudah berjalan. Tinggal kita yang menjaga lingkungan ini, agar tidak kumuh,” ungkapnya.

“Dari program ini dibangunlah perbaikan di aliran sungai, jalan setapak, gorong-gorong dan lain sebagainya. Sehingga daerah ini sudah tidak lagi kategori kumuh,” pungkasnya. (dodi/3)

Related posts