Sambut Tahun 2020, NU dan Bawaslu Basel Gelar Muhasabah

  • Whatsapp
PCNU dan Gerakan Pemuda Anshor serta Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan saat mengadakan Muhasabah dan Dzikir bersama, di Masjid Al-Munawar Kampung Padang Toboali, Selasa (31/12/2019) malam. (foto: dedy).

TOBOALI – Pengurus cabang Nahdatul Ulama (PCNU) dan Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) serta Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengadakan acara Muhasabah dan Dzikir bersama, bertempat di Masjid Al-Munawar Kampung Padang Toboali, Selasa (31/12/2019) malam.

Sebelum acara dimulai, tampak irama tabuhan hadroh rebana yang merdu dan khas membuat lantunan sholawat yang diiringi menjadi terasa syahdu.

Muat Lebih

Kegiatan yang mulai berlangsung pukul 21.00 WIB, diawali dengan pembacaan Maulid Berzanji, Istighosah, khataman Al-Quran, Sholat Tasbih dan dilanjutkan Tausyiah keagamaan.

Ketua PCNU Basel, KH. Zahirin mengajak kepada semua pihak agar pergantian tahun diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Ia juga mengingatkan sebaiknya moment pergantian tahun dijadikan muhasabah atau introfeksi diri agar senantiasa melakukan amal kebaikan dan menghindari segala sesuatu keburukan.

“Daripada mengisi kegiatan yang tidak bermafaat keluyuran di jalan-jalan, mal dan sebagainya mendingan kita isi dengan kegiataan keagamaan, Muhasabah diri dan berdzikir bersama,” imbuh Zahirin seraya mengatakan muhasabah diri sangat penting untuk menjalankan sisa kehidupan agar lebih baik lagi.

Senada dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, momen ini menjadi langkah awal yang baik dalam menyongsong Pilkada di Basel agar berjalan dengan aman dan kondusif. Di sisi lain, Sahirin juga menyinggung agar tokoh agama untuk tidak terlalu jauh terjun ke politik praktis.

“Kami menghimbau kepada orang tua kami para tokoh agama untuk tidak telalu jauh terlibat politik praktis, tolong tegur kami jika ada hal-hal yang kurang baik agar kami dapat berbenah diri dan semoga Pilkada tahun 2020 berjalan lancar sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” imbuh Sahirin.

Sekretaris Daerah Pemkab Basel, Achmad Ansyori yang turut hadir juga mengajak seluruh masyrakat Bangka Selatan untuk saling introfeksi diri dan mengingatkan satu sama lain agar Basel lebih baik pada Tahun 2020 mendatang.

“Muhasabah adalah introsfeksi diri. Untuk itu, mari kita bersama-sama saling introfeksi diri apakah sudah baik atau sebaliknya. Mudah-mudahan kalau kita semua muhasabah maka Tahun 2020 akan lebih baik maju sejahtera dan berdaya saing,” harap Achmad Ansyori.

Disamping itu, Ia juga berharap kegiatan keagamaan di malam pergantian tahun baru terus digalakkan di seluruh tempat ibadah yang ada di Bangka Selatan. “Saya lihat jalan macet, tapi masjid memang agak sepi. Tapi, paling tidak masjid ini sudah mengawalinya, terima kasih kepada pengurus masjid. Semoga tahun depan tak hanya di masjid ini saja, tapi semua masjid yang ada di kabupaten menggelar kegiataan keagamaan di malam pergantian tahun,” pungkasnya. (raw/3)

Pos terkait