by

Saksi Beber Bukti Pelanggaran Bahar dan Alex

-NEWS-170 views

Bawaslu Panggil Rudianto Tjen dan Me Hoa

PANGKALPINANG – Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar sidang adjudikasi terkait dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan dua caleg DPD RI yaitu Bahar Buhasan dan Alexander Fransiscus, Rabu (20/3/2019). Sidang yang digelar di ruang sidang Kantor Bawaslu ini memasuki agenda pemeriksaan saksi-saksi dan bukti.
Pada saat sidang, pihak pelapor, Marshal Imar Pratama menghadirkan barang bukti berupa rekaman video pada saat peristiwa dugaan pelanggaran tersebut terjadi, namun dirinya tidak menghadirkan saksi. Sementara dari pihak terlapor, Bahar Buhasan dan Alexander Fransiscus masing-masing membawa dua orang saksi dan bukti.
Bahar Buhasan usai sidang mengatakan siap menghadapi sidang adjudikasi dan akan mengikuti proses persidangan selanjutnya. Dia mengakui, kasus yang menimpanya karena ketidaktahuan terhadap aturan yang ada.
“Ini (sidang-red) masih dalam proses, kita ikuti aja lah prosesnya, kita ikuti aja prosedur yang ada. Ini betul-betul ketidaktahuan kita, ketidakpahaman kita, saya kira ini menjadi sebuah kenyataan, ini lah aturan kita yang harus kita ikuti. Saya kira ini menjadi sebuah pengalaman, apa yang kami alami hari ini, saya berharap ini menjadi sebuah pengalaman bagi kita. Jangan diulangi,” ungkap Bahar.
Terpisah, pihak pelapor, Marshal menilai dari jalannya persidangan kedua terlapor berusaha keluar dari dakwaan majelis sidang dengan mempersoalkan perbedaan waktu kejadian yang seharusnya terjadi pada 23 Februari, bukan 24 Februari yang lalu seperti yang dilaporkan oleh pihak terlampir sebelumnya.
“Ini bukan sidang pelanggaran sifatnya pidana, ini adalah administratif. Jadi tolak ukurnya kita bukan berbicara waktu ataupun tanggalnya tapi disini kita menitikberatkan kepada peristiwa yang telah terjadi,” ujarnya.
“Mau terlepas tanggal 23 atau 24 Februari, yang pasti laporan saya tidak boleh lebih dari tujuh hari.pasca dari waktu kejadian, itu yang perlu kita garis bawahi,” tambahnya.
Lebih lanjut dia mengungkapkan, akan menghadirkan dua atau tiga orang saksi pada sidang selanjutnya hari ini (21/3/2019) dengan agenda pembuktian para saksi.
Adapun beberapa saksi lain yang akan dihadirkan Bawaslu Babel pada sidang besok yakni, KPU Provinsi Babel, KPU Bangka Tengah, Panwas Simpang Rimba, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Rudianto Tjen dan anggota DPRD Bangka Tengah, Mei Hoa. (ron/6)

Comment

BERITA TERBARU