Sah! Wakil Ketua DPRD Dihukum 3 Bulan

  • Whatsapp

Caleg Gerindra Kampanye Gunakan Mobnas

TOBOALI – Calon Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan dari Partai Gerindra, Samsul Bahri akhirnya divonis bersalah telah melakukan kampanye menggunakan fasilitas negara dengan hukuman 3 bulan penjara masa percobaan 6 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung (PT Babel) dalam tahap banding.

Selain itu, Samsul yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bangka Selatan ini didenda Rp1 juta atau subsider 1 bulan kurungan.

Demikian dikatakan Kajari Bangka Selatan melalui Kasi Pidum, Deny kepada wartawan Rabu (12/6/2019). Vonis hakim PT Babel ini lebih ringan dibandingkan putusan Pengadilan Negeri Sungailiat sebelumnya selama 6 bulan.

Sedangkan pada sidang tuntutan, Samsul yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Bangka Selatan ini hanya dituntut 2 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum.

Dalam amar putusan bandingnya, Samsul Bahri dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 521 junto Pasal 280 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 3 bulan dan denda sejumah Rp1.000.000 dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan. Memerintahkan pidana tersebut, tidak perlu dijalani, kecuali dikemudian hari terdakwa dengan putusan hakim dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana sebelum jatuh tempo masa percobaan yang lamanya enam bulan,” ujar Kasi Pidum Kejari Basel Deny, menyampaikan isi putusan.

Sementara Samsul Bahri, mengaku legowo dan berbesar hati atas putusan PT Babel tersebut. Bagi, Samsul, sebagai warga negara yang baik, dirinya wajib menghormati putusan pengandilan. “Saya warga negara Indonesia wajib menghormati dan terima,” ujar Samsul.

Sebelumnya, diberitakan Samsul Bahri melanggar pelaksanaan kampanye dengan ditemukannya kendaraan plat merah BN 8 E yang membawanya ke lokasi kampanye dan terdakwa membuka kampanye Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, Kobalen.

Selain itu terdapat pula bukti surat pemberitahuan kampanye DPC Gerindra ke Satintelkam Polres Bangka Selatan dan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) kampanye yang dikeluarkan Polres Bangka Selatan dengan keterangan pada STTP untuk posisi terdakwa sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Bangka Selatan dan juru kampanye serta caleg. (raw/1)

Related posts