Saddam : Pangkalpinang Bisa Jadi Kota Ramah Anak

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Ketua Forum Anak Kota Pangkalpinang, Saddam Abreli mengharapkan Kota Pangkalpinang dapat menjadi kota ramah anak. Untuk itu, menurutnya Pangkalpinang harus membenahi banyak hal terkait hak-hak anak.

Siswa kelas XI IPA SMAN1 Pangkalpinang itu menyebutkan untuk mendapatkan predikat Kota Ramah Anak harus melalui sejumlah indikator. Menurutnya, Pemerintah Kota Pangkalpinang telah mempersiapkan banyak hal namun itu membutuhkan peran serta masyarakat.

“Pangkalpinang bisa jadi Kota Layak Anak tingkat Madya. Kita harus bisa mencapai Kota Ramah Anak. Anak-anak Pangkalpinang harus mendapatkan hak-haknya. Jaga image anak Pangkalpinang. Yang paling penting anak-anak jangan stres. Pikirkan apa yang jadi tanggungan kita. Jangan memikirkan yang bukan bagian tanggungan kita,” jelasnya.

Perihal hak anak-anak, juara 2 Olimpiade Sains tingkat provinsi ini mengatakan ada 11 hak suara anak yang digaungkan pemerintah pusat. Dirinya bahkan sempat menjadi salah satu tim pembaca suara anak, saat mewakili Pangkalpinang di kegiatan Hari Anak Nasional di Sulawesi.

Apalagi katanya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga mendorong peran anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Forum Anak untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak.

Lanjutnya, Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak. Forum Anak juga menjadi bagian tak terpisahkan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Pangkalpinang menjadi Kota Ramah Anak.

Tak lupa, remaja kelahiran 15 September 2003 ini mengingatkan kepada anak-anak Pangkalpinang agar selalu menjaga pergaulan sehingga tidak terjebak dalam kenakalan.

“Kita memberi saran kepada teman-teman, anak-anak Pangkalpinang, agar memilih lingkungan yang baik, dari lingkungan baik akan membentuk anak yang baik juga dan kepada orangtua agar senantiasa menjaga anaknya karena anak adalah intan yang tak ternilai harganya,” katanya. (bum/10)

Related posts