Rustam Dicopot dari Ketua PDIP Babel

No comment 2185 views


Rudianto Tjen Pegang Mandat Plt Ketua DPD
Rustam Dievaluasi Bukan Pelanggaran Berat

PANGKALPINANG – Setelah tidak terpilih lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pilkada Babel) tahun 2017, mantan Gubernur Babel Rustam Effendi ternyata anjlok juga karir politiknya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Babel pun dicopot.
Didapat kabar, Rustam Effendi telah dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPD PDIP Babel sejak akhir Juli 2017 yang lalu. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP kemudian memberikan mandat kepada Wakil Bendahara Umum Bidang Internal DPP PDIP, Rudianto Tjen sebagai Plt Ketua DPD PDIP Babel.
Padahal sejatinya, masa jabatan Rustam Effendi baru akan berakhir pada tahun 2019 mendatang, sesuai dengan hasil Konferensi Daerah DPD PDI Perjuangan Babel pada Maret 2015. Rustam harusnya memimpin DPD PDIP Babel periode 2015-2019 setelah terpilih kembali dalam Konferensi Daerah.
Pencopotan Rustam ini terungkap dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III PDIP Babel, di Ballrom Sol Marina Hotel, Minggu (6/8/2017). Termasuk dalam pengakuan Rudianto Tjen sebagai Plt Ketua DPD disela-sela Rakerda kepada wartawan.
Rudianto mengaku, usai Pilkada Provinsi Babel, DPD PDI Perjuangan akan berbenah. Bahkan, posisi Ketua DPD PDI Perjuangan Babel menjadi incaran. Untuk itu, DPP PDIP memandatkan tugas kepada dirinya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI Perjuangan Babel, sekaligus merapikan organisasi, struktur yang ada dan mencari Ketua DPD PDIP Babel yang baru. Menurutnya, semua itu harus disegerakan mengingat Pilkada tiga daerah di Babel sudah didepan mata.
“Tugas Plt merapikan organisasi, struktur yang ada dan mencari Ketua DPD baru. Rapat diperluas kita ajukan beberapa nama dan ajukan ke DPP PDI Perjuangan. Nanti fit and propertes, kita cari yang cocok membesarkan partai ini di Babel,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.
Dengan perombakan struktur kepengurusan DPD itu nanti katanya, diharapkan tim yang baru dapat bergerak lebih cepat dan banyak bekerja untuk masyarakat. Saat disinggung apakah pencopotan Rustam Effendi oleh DPP karena yang bersangkutan melakukan pelanggaran, Rudianto menyebutkan bukan disebabkan oleh itu. Tetapi ada evaluasi internal terhadap Rustam.
“Sesuai hasil evaluasi internal, tidak ada pelanggaran yang berat. Tapi kita membutuhkan sosok lebih agresif untuk menghadapi pilkada dan pemilu mendatang,” tukasnya.
Lebih jauh, kata Rudi, pihaknya akan membahas beberapa program kerja selepas penunjukan Plt. Termasuk usai Rakerda, akan dilakukan langkah-langkah nyata kader partai kepada masyarakat. Ia berharap masyarakat dapat merasakan hasil karya kader partai berlambang Banteng Moncong Putih itu, tidak hanya janji tapi dibuktikan sembari terus menjaring aspirasi masyarakat.
“Jangka pendek ada tiga Pilkada, kita akan menjaring aspirasi DPC dan DPD menentukan calon yang siap bekerja untuk masyarakat dan sesuai ideologi partai kita berpihak ke masyarakat,” papar legislator di Komisi I DPR RI itu.
Sejauh ini dalam tiga tahapan Pilkada di Babel menurut Rudi, PDIP masih dalam proses penjaringan kandidat yang akan maju. Tim yang dibentuk pun masih melakukan seleksi, interview dan tes psikologi terhadap beberapa kandidat.
“Jangan sampai diplomasi bagus di depan tapi kerja di belakang tidak benar. Kita mau calon yang jujur, yang mau bekerja untuk rakyat. Jangan sampai apa yang dipilih dan diharapkan tidak sesuai,” tegasnya.
Untuk koalisi dalam tiga Pilkada di Babel, putra asli Bangka yang sudah tiga periode duduk di legislatif ini mengaku, PDIP membuka koalisi kepada semua partai politik.
“Kita bisa dengan partai mana saja, koalisi bisa dengan semua partai. Kita harapkan dengan partai manapun. Kita tidak menutup diri untuk bersama-sama. PDI Perjuangan sangat semangat menjadikan daerah yang makmur, rakyat bahagia tinggal di Indonesia. PDIP ingin untuk terus bersama mempertahankan NKRI dan Pancasila harga mati,” pungkasnya.
Dalam pantauan Rakyat Pos di arena Rakerda III kemarin, tampak hadir Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Idam Samawi yang sekaligus membuka Rakerda. Sedangkan Rustam Efendi sempat menghadiri Rakerda meski hanya sebentar, kemudian meinggalkan arena sehingga belum berhasil dikonfirmasi. (ron/1)

No Response

Leave a reply "Rustam Dicopot dari Ketua PDIP Babel"