Rudianto: Yang Terbaik untuk Partai dan Masyarakat

PDIP Hadapi Pilkada 2018

Rudianto Tjen

PANGKALPINANG – Menghadapi Pilkada 2018, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera mempersiapkan segala upaya untuk menang. Upaya tersebut, diharapkan agar terpilih pemimpin yang terbaik untuk partai dan juga masyarakat.

Hal itu seperti disampaikan Wakil Bendahara Umum Bidang Internal DPP PDIP, Rudianto Tjen kepada sejumlah wartawan, di salah satu resto di Pangkalpinang, Rabu (2/8/2017). “PDIP akan memilih tokoh yang terbaik di daerahnya. Boleh incumbent kalau ada dan eksternal juga kita akan akomodir. Yang terbaik untuk partai dan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya ia menyampaikan, dalam rapat internal di DPD PDI Perjuangan, Air Itam kemarin siang, salah satunya membahas persiapan Rakerda III yang bakal digelar Minggu (6/8/2017) di Soll Marina. Selain itu, dalam rapat tersebut juga diperluas dengan menghadirkan DPC-DPC dan juga evaluasi Pilkada Babel 2017 lalu.

“Apalagi dalam waktu dekat ini dan akan kita cek persiapan Rakerda lalu evaluasi Pilkada. PDIP sudah membuka pendaftaran dan sudah ditutup. Sekarang, ditingkat DPD lagi persiapan untuk mengirimkan namanya ke DPP. Karena pendaftaran di DPC dan seleksi awal di DPD dan akan disampaikan ke DPP. Nanti, akan ada psikotes, agar dapat melihat kemampuan dan tekad mereka untuk menjadi kepala daerah. Kita harapkan mendapatkan yang terbaik dari mereka yang mendaftarkan diri,” ujarnya.

Legislator komisi I DPR RI itu menambahkan, calon-calon yang nantinya akan berpotensi akan diundang ke DPP untuk melakukan psikotes dan wawancara. Kendati demikian, jika hasilnya kurang memuaskan dapat saja DPP mengambil kebijakan sendiri. “Bisa saja ada pendaftaran khusus,” imbuhnya.

Dalam Rakerda nantinya, bakal dihadiri jajaran DPP yang digelar Minggu ini, dimungkinkan akan hadir ketua bidang kehormatan partai Komarudin Watubun, ketua bidang pemenangan Pemilu Bambang Dwi Hartono dan ketua bidang ideologi dan kaderisasi Idam Samawi. “Kita melihat nanti, karena Rakerda ini serentak di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Babel, Adet menyampaikan Rakerda PDIP Babel akan digelar 6 Agustus. Rakerda tersebut, guna menindaklanjuti hasil Rakernas yang dilakukan di Bali, beberapa waktu lalu. “Jadi nanti akan ada utusan DPD, ketua, sekretaris, bendahara, ketua Bappilu kabupaten/kota dan juga sayap partai, serta anggota fraksi provinsi dan juga kabupaten/kota,” katanya.

“Materi-materi akan ada pengarahan dari DPP partai. Yaitu, dalam rangka menghadapi Pilkada 2018. Arahan-arahan itu menjadi dasar kami untuk menentukan para calon yang sudah mendaftar. Baik itu melalui DPC maupun DPD,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, cakal calon kepala daerah yang sudah mendaftar, nantinya akan dilakukan survei, baik itu internal kader maupun eksternal. “Daerah-daerah yang dimenangkan oleh Calegnya akan diusulkan tiga orang internal dan dua eksternal. Kalau didaerah itu (PDIP-red) kalah maka ada 2 internal dan tiga eksternal, tapi bukan pasangan namun jumlahnya,” pungkasnya. (ron/10)

No Response

Leave a reply "Rudianto: Yang Terbaik untuk Partai dan Masyarakat"