Rudi : Tak Sulit Atasi Banjir di Pangkalpinang

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Anggota Komisi I DPR RI Dapil Bangka Belitung, Rudianto Tjen meminta pemerintah daerah untuk lebih peka terhadap banjir yang terjadi di Kampung Bintang, Rangkui.

Katanya, pemerintah harus cepat tanggap dan langsung action (beraksi-red) guna kepentingan masyarakat yang terkena Dampak banjir.

Sejak usia muda tinggal di Babel, ia mengakui baru saat ini sering terjadi banjir akibat pertambangan yang sudah meluas.

“Saya dari jaman muda dulu kalau hujan deras tidak ada masalah. Tidak ada banjir seperti sekarang ini. Karena sudah banyak pertambangan, baik yang kecil maupun yang besar,” kata Rudi kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Dia melanjutkan, seharusnya tidak begitu sulit untuk mengatasi banjir di Kota Pangkalpinang. Apalagi titik yang terdampak di daerah itu-itu saja. Walikota saat ini yang dari PDIP, dia minta untuk segera mengatasi persoalan banjir.

“Saya pikir tidak sulit kalau mau mengatasinya. Saya harap Molen (Wali Kota Pangkalpinang-red) bisa mengatasinya, beliau kan baru, saya minta dia tanggap dan langsung action. Pemerintah harus pro aktif,” tegasnya.

Lebih jauh, dia meminta pemerintah untuk dapat menggantikan secara rutin dan setiap tahun untuk penggalian saluran. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Jangan sampai saluran air ini terus tersumbat dan tidak segera diselesaikan.

“Harus dianggarkan secara rutin dan tiap tahun penggalian saluran air. Pemda harus bertanggung jawab, agar tidak kembali menguap dan airnya kemana-mana. Dinas terkait harus kontrol apalagi musim hujan seperti ini. Siapkan alat berat gali saluran itu,” tandasnya. (ron/10)

Related posts