RSUD Sungailiat Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

  • Whatsapp
Simulasi penanganan kebakaran yang dilaksanakan di RSUD Sungailiat, Jumat (7/4/2017).(foto:IST)

SUNGAILIAT- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungailiat menggelar simulasi penanggulangan kebakaran, Jum’at (7/4/2017). Simulasi kerjasama dengan Bidang Penanggulangan Bencana Satpol PP Bangka melibatkan dokter, perawat dan juga pegawai RSUD.

Selain disampaikan materi soal penggunaan alat pemadam api ringan (apar) juga dilaksanakan simulasi penolongan pertama korban dan pasien ketika kebakaran, pemadaman api melalui media apar dan penggunaan monitor pemadaman api serta penggunaan media kain basah di halaman parkir RSUD Sungailiat.

Direktur RSUD Sungailiat, dr.Jasminar mengatakan kegiatan tersebut harus diketahui seluruh karyawan RSUD Sungailiat. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, petugas RSUD Sungailiat dapat langsung tanggap dan mengetahui bagaimana cara penanggulangan kebakaran tersebut.

“Kita antisipasi dari sekarang jangan sampai ada kejadian kita tidak mengetahui cara pemakaian apar, penggunaan bahan-bahan yang bisa dijadikan pemadaman pertama seperti kain basah dan lain-lain,” kata Jasminar.

Dia mengimbau kepada seluruh petugas di setiap bagian RSUD Sungailiat untuk memahami kondisi tanggap darurat demi melayani pasien dengan maksimal.

“Simulasi-simulasi kegiatan tersebut memberikan ilmu baru bagi seluruh petugas RSUD Sungailiat tentang
bagaimana sikap tanggap darurat petugas RSUD Sungailiat atas bahaya-bahaya yang mungkin terjadi di RSUD Sungailiat khususnya kebakaran yang bisa terjadi kapan saja di RSUD Sungailiat dengan berbagai media yang bisa memadamkan api dan tatacara menolong pasien serta korban kebakaran,” katanya.

Disamping itu juga rumah sakit harus menyiapkan para petugas medis dan paramedis dengan situasi tanggap bencana. Seperti petugas IGD RSUD Sungailiat yang cepat tanggap dengan situasi pertolongan pertama bagi pasien kebakaran.(rls/10)

Related posts