RSUD Eko Maulana Ali Sumbang 23 Kantong Darah

  • Whatsapp
Kegiatan donor darah yang digelar RSUD dr. Eko Maulana Ali di Rumah Dinas Camat Belinyu, Selasa (6/8/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Manajemen RSUD dr. Eko Maulana Ali menggelar kegiatan donor darah memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia di Rumah Dinas Camat Belinyu, Selasa (6/8/2019). Dalam kegiatan ini berhasil terkumpul sebanyak 23 kantong darah.

Kepala RSUD dr. Eko Maulana Ali, Aswin Hakim mengatakan acara tersebut diselenggarakan untuk membantu warga yang membutuhkan transfusi darah. Dari 32 orang pendonor, katanya, hanya 23 orang saja yang bisa mendonorkan darah.

“Awalnya ada 32 orang yang mendaftar tapi setelah diskrining hanya 23 saja yang disetujui. Yang tidak disetujui itu bisa saja karena kondisi badannya saat itu lagi sedang sehat jadi kalau dipaksakan donor justru bisa berbahaya untuk dirinya sendiri,” kata Aswin kepada wartawan.

Dia menambahkan, 23 kantong darah yang terkumpul diserahkan kepada pihak PMI Bangka. Dia berharap, dengan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan bisa membantu masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah.

“Kita ingin membantu PMI karena kondisi stok darah kita di kabupaten sering kosong. Memang kebutuhan darah lebih tinggi dibandingkan dengan pendonor. Dengan adanya kegiatan ini juga bisa memicu masyarakat untuk turut mendonorkan darahnya ke PMI sehingga stok darah terus tersedia setiap saat dibutuhkan,” katanya. (mla/10)

Related posts