by

RSJ Sungailiat Rawat 80 Pasien Gangguan Jiwa

Sardiyono

SUNGAILIAT – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bangka Belitung (Babel) di Sungailiat saat ini menampung 80 pasien dengan masalah kejiwaan dari masyarakat umum.

“Saat ini dari 152 bed yang ada, 80 lebih terisi oleh pasien yang dirawat dari sisi kejiwaan,” kata Direktur Pelayanan RSJ Provinsi Babel, Sardiyono kepada wartawan, belum lama ini.

Dia mengatakan, faktor kejiwaan yang dialami pasien karena disebabkan permasalahan sosial yang tidak bisa dihadapi sehingga menjadi pikiran dan akhirnya sakit.

“Pasien rata-rata dewasa semua, dengan usia 30 tahun ke atas. Ada yang masih muda itu pasien Napza (Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya-red),” kata Sardiyono.

Untuk pasien Napza, kata Sardiyono ada dua orang yang menjalani perawatan. Pasien Napza, menurutnya sedikit karena masa rehabilitasi selama tiga bulan. Setelah itu pasien sudah harus keluar.

Pasien Napza, menurutnya dibiayai langsung dari kementrian sehingga tidak dipungut biaya apa pun. Sementara untuk pasien umum kebanyakan menggunakan BPJS kesehatan.

“Untuk pasien kejiwaan sebetulnya kalau rutin minum obat maka akan sembuh. Tetapi kalau sudah dipulangkan, tetangga menjauhi dan dikucilkan sehingga pasien kepikiran dan akhirnya kambuh lagi. Apalagi kalau pendekatan keluarga kurang,” pungkasnya.(snt/10)

Comment

BERITA TERBARU