RQC Isi Liburan Sekolah dengan Mabit Qur’an II

  • Whatsapp
120 Siswa-siswi mulai SD hingga SMA dan Ana-anak Yatim Piatu, ketika mengisi liburan sekolah dengan Kegiatan Mabid Qur’an yang diselenggarakan Rumah Qur’an Cahaya Toboali pada 28 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020, di Gedung Diklat Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (foto: dedy).

TOBOALI – Rumah Qur’an Cahaya (RQC) Toboali kembali mengisi liburan sekolah dengan kegiatan
Mabit Qur’an II pada 28 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 lalu, di Gedung Diklat Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan Mabit Quran II yang menginap 4 hari 3 malam ini, diikuti 120 peserta dari kelas 2 Sekolah Dasar sampai kelas 3 SMA, serta anak yatim piatu binaan Pena Arrohmah.

Read More

Ketua Pelaksana Ustadz Rian Kurniawan mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan tahun kedua yang dilaksanakan dengan tujuan agar anak-anak dapat memanfaatkan masa liburan dekat dengan Quran.

Pada Mabit Quran II ini, dijelaskannya anak-anak diberikan pengteahuan tentang agama dan pembelajaran karakter yang tidak diajarkan disekolah masing-masing. Selama kegiatan, bukan hanya materi Alqur’an yang disampaikan, akan tetapi berbagai materi lainya diantaranya adalah materi akhlaq, aqidah, kediplinan, outbound, panahan, dan dongeng tentang pentingnya menjadi muslim yang rahmatan lil alamin.

Senada dengan Ustadz Rian, menurut Amah Rini, Rumah Qur’an Cahaya sebagai salah satu lembaga Pendidikan Alqur’an di Toboali, Bangka Selatan, menjawab keinginan masyarakat tersebut dengan mengadakan kegiatan Mabit Qur’an Cahaya II dengan tema “Liburan Bahagia bersama Qur’an yang Mulia”.

Pada kesempatan liburan kali ini, RQC berharap dengan kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat Toboali khususnya, dalam memberikan bekal keilmuan di waktu liburan. Menanamkan pendidikan aqidah, fikih dan akhlak bagi peserta kegiatan, sebagai salah satu upaya pembinaan generasi berkualitas dari segi keimanan, akhlaq, dan intelektual.

Kegiatan Mabit Quran Cahaya II ini, dibuka oleh Asisten Sekda Basel, Mulyono dengan mengapresiasikan kegiatan bermanfaat ini, dan mendukung penuh kegiatan ini berjalan setiap tahunnya.

Selama kegiatan itu berlangsung, adalam sejumlah narasumber yang menyampaikan materi, adalah Shyek Ibrahim Hasan, Syekha Sajeda Abdsalam, Ust M Bachtiar, Kak Beni Pendongeng asal Jogjakarta, Ust Hartawi, Ust Fermansyah.

Sementara penutupan kegiatan diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Pimpinan Rumah Qur’an Cahaya, Ustadz Alansori. Ia menyampaikan ke semua santri dan para orang tua pentingnya mendidik anak dengan Alqur’an dan karakter, serta pentingnya mendekatkan diri dengan agama. (raw/3)

Related posts