Rp3 M untuk Latih 900 Pencaker Babel

  • Whatsapp

Daftar Lewat Website
Didik: Tak Dipungut Biaya, Semua Gratis

PANGKALPINANG- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemprov Babel, Didik Suprapto menargetkan tahun ini melalui Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) dapat mendidik dan melatih 900 pencari kerja di Provinsi Babel.

“Dana cukup lumayan. Dari APBD Rp2 miliar lebih sedangkan dari APBN lebih dari Rp1 miliar, dengan harapan bisa mengcover 900 pencari kerja bisa dilatih dan dididik agar memiliki kompetensi lebih dan bisa terserap di dunia kerja,” kata Didik kepada wartawan, Jumat (10/2/2017).

Ia menyebutkan, BLKI memiliki banyak jurusan yang dimiliki oleh BLKI diantaranya adalah otomotif, mesin mobil dan motor, las, elektro, menjahit, pertukangan, tata rias, boga, dan perhotelan.

“Untuk perhotelan ada house keeping, koki, restoran service, kita sudah ada dua instruktur sendiri yang melatih, untuk magang biasanya di hotel dan restoran,” kata Didik.

Untuk sistem penerimaan, nantinya akan diumumkan dan peserta mendaftar melalui website dan akan dilakukan seleksi. Selain pelatihan yang terpusat di BLKI, pelatihan juga diberikan kepada masyarakat di desa, dengan sistem aparat desa mengajukan permohonan pelatihan ke dinas terkait di kabupaten/kota.

“Kita siap ke desa untuk memberikan pelatihan kita punya dua unit mobil training unit (MTU), yang penting ada usulan dari kabupaten, semuanya gratis tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Untuk waktu pelatihan disesuaikan dengan waktu masyarakat, kurang lebih selama 240 jam, untuk waktu per hari bisa 10 jam atau sesuai dengan waktu masyarakat.

“Kita berharap melalui ini kompetensi masyarakat di desa juga semakin meningkat dan berkompetensi, paling tidak mereka bisa berusaha sendiri, membuka usaha atau bekerja di perusahaan ,” harapnya. (nov/10)

Related posts