Risiko Penggunaan Platform Aplikasi di Tengah Covid-19

  • Whatsapp

Shafira
Mahasiswi Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, Bangka, Babel

Pandemi Covid-19 yang masih melanda penjuru dunia, termasuk Indonesia, banyak menimbulkan masalah, salah satunya susahnya untuk bersosialisasi dan beraktivitas. Di tengah pandemi virus mematikan ini, banyak pekerjaan dan aktivitas tertunda. Untuk memudahkan melaksanakan pekerjaan, walaupun tidak harus ke kantor, banyak orang menjalani aktivitas work from home (WFH). Namun, untuk kelancaran pekerjaan, mereka harus beralih mengandalkan sejumlah aplikasi dan alat komunikasi baru.

Di google banyak platform digital yang meningkat penggunaannya di tengah pandemi covid-19.
Penggunaan platform digital ini bukan hanya menawarkan kemudahan bagi masyarakat, tetapi juga menimbulkan beberapa risiko yang berkaitan dengan keamanan online. Banyak aplikasi atau platform digital yang rentan keamanannya.

Baca Lainnya

Penggunaan platform yang sembarangan sangat berisiko, apalagi di tengah era bank data seperti sekarang. Berikut beberapa risiko yang dihadapi masyarakat karena penggunaan platform dan aplikasi sembarangan: Pertama, Rentan terjadi pencurian data diri. Pencurian data diri ini sering terjadi pada sejumlah aplikasi, dan platform kita diminta untuk mendaftarkan diri melalui email dan nomor telepon, dan akan tersimpan pada aplikasi tersebut. Data tersebut bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, karena kurangnya keamanan pada platform dan aplikasi tersebut.

Kedua, Data perusahaan ikut dipertaruhkan. Banyak perusahaan yang menggunakan platform dan aplikasi di tengah pandemi Covid-19. Apabila tidak teliti dan jeli dalam memilih aplikasi dan platform data perusahaan bisa saja di curi oleh parah hacker. Maka dari itu pemilihan aplikasi dan platform sangat penting, karena risiko yang ditimbulkan pun tidak main – main apabila kita tidak teliti bisa saja data kita digunakan untuk hal yang tidak benar oleh hacker.

Beberapa tips untuk memilih platform dan aplikasi: Pertama, Pilihlah aplikasi atau platform yang memiliki keamanan yang baik. Lebih baik kita mensurvey dahulu aplikasi atau platform yang ini kita pakai untuk work from home (WFH) apakah memiliki jaminan keamanan yang baik atau tidak. Kedua, Sebelum mendownload lihat terlebih dahulu penilaian terhadap aplikasi atau platform tersebut apabila penilaiannya buruk atau rendah maka sudah di pastikan aplikasi tersebut tidak aman digunakan untuk work from home (WFH ).

Ketiga, Lihatlah tutorial penggunaan aplikasi atau platform tersebut sebelum menggunakannya. Dalam pademi Covid-19 kita sangat bergantung dengan dunia digital, karena untuk memutus mata rantai Covid-19 ini, kita tidak boleh melakukan perkumpulan dan harus melakukan social distancing atau physical distancing. Dan sangat dianjurkan oleh pemerintah untuk tetap stay at home. Oleh karena itu, pemilihan platform dan aplikasi untuk menunjang work from home (WFH) sangat perlu, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.(***).

Related posts