Rio Soroti Soal Parkir, Dewan Minta Pemkot Serius Benahi Pasar Pagi

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady meminta kepada pihak eksekutif untuk segera melakukan pembenahan dan menata Pasar Pagi Pangkalpinang.

Apalagi menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, kesemrawutan dan kemacetan biasanya terjadi di pasar yang berada di wilayah Kecamatan Taman Sari itu jelang lebaran.

“Pemkot Pangkalpinang jangan menunda lagi untuk penataan Pasar Pagi yang lebih komprehensif dan melibatkan banyak pihak. Di pasar juga ada perwakilan pedagang yang juga perlu saya kira dimintai pendapatnya,”kata Rio kepada wartawan, Jumat (24/5).

Rio menyoroti perihal parkir di pasar tersebut. Menurutnya dinas perhubungan harus mulai membuat alternatif baik parkir maupun rekayasa lalu lintas dan jangan sampai masyarakat kemudian menjadi tidak nyaman ketika berbelanja ke Pasar Pagi.

DPRD, lanjut dia, sangat mendukung dilakukan penataan parkir sehingga tidak memakan badan jalan. Pemerintah Kota Pangkalpinang diharapkan mulai memikirkan bagaimana pengadaan lahan parkir di pasar tersebut.

“Maka saya kira pengadaan tempat parkir khusus untuk pasar pagi sebaiknya dikaji. Tidak akan banyak gunanya kita melakukan rehab dan peningkatan pasar, sementara kita tidak memiliki lahan parkir yang representatif,” imbuhnya.

Rio menambahkan dari pantauannya para pedagang musiman yang berada di sekitar Pasar Pagi ternyata telah memakan badan jalan. Penting, menurut Rio, dilakukan pendekatan persuasif mengingat jalan di sekitar lokasi masih terasa sempit dikarenakan penataannya yang kurang maksimal.

“Saya nilai pemerintah kota terlalu lama melakukan pembiaran terhadap hal tersebut. Ini merupakan introspeksi bagi kita semua jangan sampai masyarakat terganggu dengan penataan yang tidak pada tempatnya. Kami mendukung tumbuhnya perekonomian dari UMKM maupun dari usaha kecil tetapi tentu saja dengan memperhatikan kepentingan yang lebih besar, yaitu masyarakat Pangkalpinang,” jelasnya.

Pasar pagi, kata Sekretaris DPW PKS Provinsi Bangka Belitung ini merupakan pasar yang menjadi tujuan utama masyarakat Pangkalpinang untuk berbelanja. Maka sudah sewajarnya, jika perlu ditata dengan serius.

“Dan jika masih kita dengar ada pungli atau pungutan pungutan yang tidak jelas sumbernya, maka ini pun harus segera ditindak jangan sampai membebani para pedagang disana. Termasuk urusan kebersihan oleh dinas terkait, mungkin perlu ditempatkan petugas yang standby dari pagi sampai dengan siang sesuai dengan waktu operasional pasar, agar pasar tetap dalam kondisi bersih, sanitasi yang baik dan masyarakat yang datang berbelanja pun saya kira akan semakin merasa nyaman,” terangnya.

Kerja sama antarOPD di Pemerintah Kota Pangkalpinang, lanjut dia, mutlak diperlukan baik dinas PU dalam hal infrastruktur dinas perhubungan dan parkir serta dinas lingkungan hidup dan kebersihan untuk aspek kebersihannya dan juga dinas perdagangan.

Rio menegaskan, DPRD akan mendukung langkah- langkah pemerintah kota dalam melakukan penataan pasar pagi sesegera mungkin, apalagi beberapa hari lagi lebaran tiba.

“Lebih cepat lebih baik mengingat lebaran tinggal beberapa hari lagi dan keramaian sudah mulai tampak setiap harinya. Semoga kedepannya kondisi pasar kita lebih kondusif dan nyaman untuk masyarakat Pangkalpinang. In Shaa Allah,”katanya.(ron/10)

Related posts