by

Residivis Curat Dihadiahi Timah Panas

Tiga Penadah Turut Diamankan

PANGKALPINANG – Tim 1 Opsnal Subdit 3 Jatanras Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membekuk satu terduga pelaku pencurian dan tiga penadah yang turut membantu untuk menjual barang hasil kejahatan, Kamis (14/3/2019) sekitar pukul 23.30 WIB.

RE alias YO (35) diamankan petugas di Jalan Pulau Pelepas, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang. Tiga orang yang juga ikut diamankan, diantaranya RP (33), DA (35) dan MAS (34).

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti (BB) satu unit handphone (Hp), satu unit kendaraan bermotor tanpa plat, baju kaos warna hitam dan celana panjang warna hitam yang dipakai pelaku pada saat pencurian sepeda motor.

Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Babel AKBP Wahyudi, menuturkan bahwa YO merupakan otak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang kerap terjadi di wilayah hukum Polda Babel dan Polres jajaran.

“Tersangka utama yang kami amankan dalam perkara ini, yaitu RE alias YO. Sedangkan tiga orang yang turut diamankan, kini masih kami lakukan pengembangan untuk mencari keterlibatan pelaku yang lainnya,” tutur Wahyudi kepada Rakyat Pos, Jumat (15/3/2019).

Pelaku telah melancarkan aksi pencurian sebanyak tujuh kali dengan tempat kejadian perkara (TKP) di Kecamatan Pangkalan Baru dan Kota Pangkalpinang Pangkalpinang.

Yakni, TKP Curat di rumah warga di Kelurahan Bukit Kejora, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Barang yang hilang berupa Hp,
gelang emas 10 mata, teropong, samurai dan uang Rp300 ribu. Lalu TKP di Perumahan Glase Asri di Kampung Tayib, Kecamatan Pangkalan Baru. Barang yang hilang berupa handphone, STNK motor, jam tangan dan uang Rp30 ribu.

Selanjutnya pelaku beraksi di rumah kontrakan warga di Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang dan pelaku menggasak hp korban, TKP di Jalan Kampak Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang dan pelaku mengambil hp.

Kemudian TKP lainnya di rumah warga di Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang. Barang yang hilang pelaku diantaranya laptop, perhiasan emas kalung dan gelang. TKP di rumah kosan warga di Kelurahan Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang. Pelaku mengembat hp, serta TKP Perumahan Galase Asri di Kampung Tayib Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah dengan barang curianhp.

“Kami memberikan tindakan tegas terukur terhadap pelaku yang berusaha melarikan diri saat dilakukan pengembangan mencari BB hasil kejahatan. Tembakan ini mengenai betis sebelah kanan pelaku,” ungkapnya.

Wahyudi menyebutkan bahwa pelaku merupakan residivis kasus pencurian sebanyak 5 kali, diantaranya tahun 1998 ditahan di Lapas Tua Tunu Pangkalpinang selama 2 bulan. Tahun 2002 ditahan di Lapas Tua Tunu selama 10 bulan. Tahun 2008 ditahan di Lapas Tua Tunu selama 5 tahun 3 bulan. Tahun 2012 ditahan di Lapas Tua Tunu selama 2 tahun 3 bulan. Tahun 2016 ditahan di Lapas Tua Tunu selama 2 tahun 6 bulan dan baru bebas tahun 2018.

“Semua kasus ini, dia dijerat dengan Pasal 363 tentang pencurian,” tegasnya.

Lebih lanjut diuraikan Wahyudi, tindak pidana (TP) curanmor dilancarkan pelaku di Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Senin (25/2/2019) sekitar pukul 24.00 WIB.

Untuk TP curat di Desa Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Minggu (17/2/2019) sekitar pukul 03.00 WIB.

“Pelaku masuk ke dalam rumah dengan cara merusak pintu samping kiri dan mengambil satu unit motor. Sedangkan untuk pelaku curat ini, kita belum mengetahui identitasnya,” ulasnya.

Dia menambahkan Polda menangani kasus curanmor dan kasus curat ditangani oleh Polsek Pangkalan Baru. (bis/7)

Comment

BERITA TERBARU