by

Reses Komisi I DPR RI, RRI Sungailiat dan TVRI Diminta Jaga Independensi

Reses Komisi I DPR RI di gedung Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Sungailiat, Jumat (14/12/2018).(foto: Zuesty Novianty)

SUNGAILIAT- Sebanyak enam orang anggota DPR RI dari Komisi I melakukan reses di gedung Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Sungailiat, Jumat (14/12/2018). Rombongan anggota DPR RI yang dipimpin Biem Benjamin ini diterima Kepala LPP RRI Sungailiat Arianto Adi.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Kepala Pusat Pemberitaan Programa 3 RRI Jakarta Widhi Kurniawan, Kepala TVRI Bangka Belitung, Sriwidayat dan Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman. Dari DPR RI, selain Biem Benyamin hadir anggota lain, seperti Syaiful Anshori dari Fraksi PKB dan Alimin Abdullah dari Fraksi PAN.

Biem Benjamin dalam kesempatan itu menyampaikan peran penting posisi LPP RRI dan TVRI. Menurutnya, RRI dan TVRI harus selalu menjaga independensi, terutama pada tahun politik 2019 mendatang. Menurutnya netralitas dan independensi kedua lembaga tersebut cukup tinggi dan masih mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat.

“Oleh karena itu di tahun politik saat ini peran keduanya sangat besar dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 yang berkualitas. “RRI dan TVRI merupakan dua saudara yang masih dipercaya oleh khalayak pada setiap pemilu dan kita harapkan netralitas ini juga akan terjaga,” katanya.

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, peranan RRI dan TVRI sangat dituntut dalam menyukseskan Pemilu 2019 dan harus menjadi patokan media lain dalam menempatkan posisi yang sesungguhnya sebagai publik terkhususnya dalam media penyiaran.

“Dua media ini merupakan media publik yang harus senantiasa menjaga marwahnya secara konsisten dan ini menjadi acuan media lainnya di tanah air yang terbebas dari intervensi atau keberpihakan,” pungkasnya.

Dalam reses tersebut, Komisi I DPR RI juga membahas tentang proses penggabungan RRI dan TVRI menjadi Radio Televisi Republik Indonesia (RTRI) yang saat ini juga sedang dilakukan pembahasan dan pengkajian di tingkat pusat.

Pada kesempatan itu, Kepala RRI Sungailiat, Haryanto Adi mewakili tuan rumah dan Budi, Kepala TVRI Bangka Belitung juga melakukan presentasi posisi dan kondisi masing-masing lembaga penyiaran tersebut. (2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU