Renovasi Gedung, PMI Pangkalpinang Kekurangan Anggaran 1 Miliar

  • Whatsapp
Inilah Markas PMI dan Unit Transfusi Darah Pangkalpinang sementara di Gedung eks BLH Pangkalpinang Jalan Rasakunda Kelurahan Sriwijaya Kecamatan Girimaya di Komplek Perkantoran Pemkot Pangkalpinang, atau disebelah Kantor Dinas PU dan Dinas Kesehatan. (foto: istimewa)

*Mudah-mudahan Ada Donatur Nyumbang

*Sementara, Pindah ke Gedung Eks BLH

PANGKALPINANG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atau unsur-unsur yang ada di Kota Pangkalpinang khususnya dan daerah Pulau Bangka pada umumnya, atas ketidaknyamanan pelayanan oleh PMI.

Hal itu, dikarenakan terhitung 4 Mei 2019, Markas PMI Pangkalpinang berikut Unit Pelayanan Darah resmi pindah sementara ke Gedung eks BLH Pangkalpinang Jalan Rasakunda Kelurahan Sriwijaya, Kecamatan Girimaya, tepat bersebelahan dengan Kantor Dinas PU dan Dinas Kesehatan, Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Atas nama Pengurus PMI saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya atas ketidaknyamanan seluruh masyarakat yang menggunakan layanan darah, baik rumah sakit, klinik maupun keluarga pasien. Ini dikarenakan Gedung lama PMI Pangkalpinang sedang direnovasi. Mari kita berdo’a semoga pembangunan Gedung PMI ini, cepat selesai, sehingga pelayanan akan lebih baik lagi,” ajak Sopian yang juga menjabat Wakil Walikota Pangkalpinang itu kepada Rakyat Pos, kemarin (5/5/2019).

Wahyono, Sekretaris PMI Pangkalpinang menambahkan, sebenarnta Gedung yang selama ini digunakan untuk pelayanan darah di Jalan Ican Saleh No. 88 Pangkalpinang, atau berada dekat Mapolres Pangkalpinang, rencana pembangunan tersebut sebetulnya sudah lama menjadi keinginan Pengurus PMI, karena peletakan batu pertama pembangunan gedung saat itupun dihadiri oleh Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI Pusat, tepatnya pada tanggal 20 Juni 2013.

“Memang, bila dilihat Gedung PMI Pangkalpinang saat ini yang terletak di tengah Kota Pangkalpinang tidaklah sesuai lagi, karena terkesan jelek dan kumuh, apalagi jika dibandingkan dengan gedung sebelah kiri kanan, depan belakang,” ungkap Wahyono.

Markas PMI Pangkalpinang Lama di Jalan Ican Saleh Nomor 88 ini, akan direnovasi menjadi 3 tingkat dengan ukuran 10 x 18 meter (foto: istimewa)

Untuk itulah, kata Wahyono, pihaknya berniat Gedung PMI juga indah dipandang. “Rencana pembangunan gedung nanti dengan struktur bertingkat, lantai dasar untuk parkir, lantai satu untuk pelayanan darah, lantai dua untuk administrasi, dengan perkiraan ukuran 10 x 18 m,” jelas Wahyono.

Pengerjaannya, menurut Wahyono, dilaksanakan setelah bulan Puasa Ramadhan ini, dengan target 6 bulan. “Saat ini, kami menyiapkan lahan dan memindahkan peralatan serta barang-barang yang ada di Gedung PMI Pangkalpinang ke Gedung sementara di Komplek Perkantoran Pemkot Pangkalpinang,” ujar Wahyono.

“Jujur, ini semua kita lakukan dengan modal semangat kawan-kawan Pengurus PMI Pangkalpinang, karena biaya pembangunan Gedung ini, terbilang lumayan besar lebih kurang 2,5 miliar. PMI kita punya anggaran 1,5 miliar rupiah, dan masih kekurangan 1 miliar. Kita berharap, mudah-mudahan ada donatur yang ingin menyumbang dalam pembangunan tersebut. Semoga dengan niat baik untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik, semua rencana dapat terwujud,” tutup Wahyoni.(vip/3)

Related posts